DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Makam Keramat Motah Inhu Dibakar OTK

Editor :Fauzi Rabu,13 Juni 2018 | 01:38:17 WIB
Makam Keramat Motah Inhu Dibakar OTK Ket Foto : Fhoto Makam Setelah Dibakar Rata Dengan Tanah

PELITARIAU, Inhu – Salah satu komplek makam yang dikeramatkan oleh masyarakat Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) adalah makam (kuburan motah) yang berada di Desa Sipang Kecamatan Batang Cenaku terbakar rata dengan tanah.

Sayangnya, makam Raja dan Datuk yang dikeramatkan dan sangat dihormati oleh warga tersebut dirusak dengan cara dibakar oleh orang yang tidak dikenal (OTK), Kejadiannya pada selasa (12/6/2018) dini hari.

Seperti yang disampaikan Supri warga kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Inhu selasa (12/6/2018) menyatakan bahwa pembakaran tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 wib.

“Kami seluruh masyarakat Batang Cenaku sangat menyesalkan terhadap pengrusakan situs makam keramat motah tersebut,” katanya.

Supri mengindikasikan pengrusakan dan pembakaran yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut dikerenakan rasa sakit hati.

“Indikasi sementara sepertinya ada yang merasa sakit hati terkait keberadaan makam raja dan datuk yang hormati tersebut,” ujarnya.

Mewakili masyarakat Batang Cenaku dirinya berharap fihak pemerintah setempat yang fihak yang berwenang (berwajib) untuk menyelidiki dan menelusuri siapa pelaku pembakaran tersebut.

Sementara itu Saharan Sejarah Purbakala (Sepur) selaku Kordinator Juru Pelihara Situs Cagar Budaya Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumbar, Riau dan Kepri di Kabupaten Inhu menyatakan dirinya belum mendapat laporan tentang terjadinya pembakaran terhadap salah satu cagar budaya tersebut.

“Saya belum mendapat laporan terkait pembakaran salah satu Cagar Budaya Kabupaten Inhu yang berada di Kecamatan Batang Cenaku tersebut,” katanya.

Namun demikian dirinya sangat menyayangkan jika memang terjadi pembakaran terhadap situs cagar budaya keramat motah tersebut karena, Termasuk salah satu situs yang terdaftar dalam daftar Inventarisasi cagar budaya kabupaten Inhu, Jelas Saharan Sepur.**

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved