DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Resmikan Bimtek Bagi PPHP, Asisten III : Tugas PPHP Sangat Berat

Editor :Herman Selasa,08 Mei 2018 | 12:12:13 WIB
Resmikan Bimtek Bagi PPHP, Asisten III : Tugas PPHP Sangat Berat Ket Foto : Saat acara Binbingan Teknis dilaksanakan

PELITARIAU, Meranti - Resmikan Bimbingan Teknis Bagi Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP), Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs H. T Akhrial sebut tugas seorang PPHP sangat berat, sejauh ini sudah banyak pihak-pihak yang salah langkah dan terbelit permasalahan hukum.

"Seorang PPHP harus memahami setiap spesifikasi barang/jasa yang akan diadakan dan memahami setiap jenis - jenis kontrak yang digunakan dalam sebuah instansi, tugas dan tangungjawab seorang PPHP itu sangat penting dan berat, menjadi orang yang bertanggung jawab langsung kepada pemberi wewenang atau yang menunjuknya," kata H. T Akhrial sembari membuka secara Resmi Bimtek PPHP, di ball room GMH, jalan kartini Kepulauan Meranti. Selasa (08/05/2018).

Dijelaskannya, Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) adalah salahsatu pihak dalam pengadaan barang/jasa pemerintah yang sangat menentukan apakah hasil dari pengadaan barang/jasa tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam kontrak/perjanjian antara penyedia dengan PPK atau tidak. 

Menurutnya, serah terima pekerjaan adalah bagian dari Proses Pengadaan barang/jasa, dimana proses tersebut dilaksanakan setelah selesainya waktu Pelaksanaan pekerjaan yang disebut dengan SerahTerima Pertama pekerjaan, dan selesainya waktu Pemeliharaan pekerjaan disebut serah terima akhir pekerjaan, agar pekerjaan yang telah dlaksanakan bersama-sama oleh yang mengikat perjanjian betul betul telah berjalan dan terlaksana secara efektif dan efisien.

Pengajuan serah terima (PHO dan FHO) dilakukan apabila PPK/ KPA/ PA (unsure berkontrak dengan Penyedia) telah menerima dan menyetujui Hasil Pekerjaan tersebut, bukti diterirm dan disetujuinya hasil pekerjaan tersebut, bukti diterima dan disetujuinya pekerjaan yang dilaksanakan bersama-sama adalah disampaikan pemintaan serah terima pekerjaan oleh (PPK/KPA/PA) kepada PPHP. 

"Berdasarkan hal tersebut, saya memandang penyelenggaraan kegiatan ini sangat penting dan bemanfaat, karena dari pelaksanaan kegiatan ini akan memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang Panitia Penerima (PPHP) Provesional Hand Over (PHO)/FHO dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti," sampainya.

"Untuk itu kepada semua peserta yang telah mengikuti kegiatan ini saya sangat berharap agar kesempatan ini dapat dipergunakan dengan sebaik baiknya," sambungnya. 

Melalui Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, pria berbadan kecil itu juga berharap khususnya kepada narasumber/instruktur dapat memberikan informasi yang benar serta sungguh-sungguh, agar apa yang telah dijelaskan dapat di mengerti dan diterapkan di instansi tempat peserta bertugas. 

"Kepada semaa peserta di semua Instansi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti agar dapat serius menyelesaikan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis ini, kepada narasumber serta panitia penyelenggara saya mengucapkan terimakasih, harapan kita semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib serta memberikan manfaat sebagaimana yang dharapkan," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan Dian Darmawan, S.TP membeberkan, kegiatan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada para KPA, PPK, PPTK dan PPHP diruang lingkup Pemkab Meranti.

"Agar Sumber Daya Manusia meningkat, mudah-mudahan para peserta bisa serius mengikuti Bimtek, yang kita laksanakan melalui anggaran APBD Pemkab Meranti," imbuhnya.**rls/adit

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved