DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bupati Wardan Kukuhkan Pengurus APDESI Inhil Periode 2017-2022

Editor :Syahbudi Selasa,05 Desember 2017 | 20:27:53 WIB
Bupati Wardan Kukuhkan Pengurus APDESI Inhil Periode 2017-2022 Ket Foto : Bupati saat mengukuhkan APDESI Inhil

PELITARIAU, Inhil - Sebagai wadah resmi pemerintahan desa, Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan, berharap agar Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Inhil menjadi bagian terpenting bagi suksesnya pembangunan desa. Hal ini disampaikan Bupati Inhil usai mengukuhkan struktur kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Inhil Periode 2017 - 2022 di gedung Puri Cendana, Tembilahan, Senin (4/12/2017) pagi.

"Besar harapan saya agar APDESI Inhil memiliki peran penting dalam upaya membangun desa sehingga setiap desa se-Kabupaten Inhil dapat menjadi desa yang lebih maju," harap Bupati Inhil, HM Wardan.

Khususnya, tegas Wardan, agar APDESI dapat menjadi mitra untuk mensukseskan program pembangunan desa bernama Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) yang kini menjadi program prioritas Pemkab Inhil dibawah kepemimpinan Wardan. Dengan begitu, sambung Wardan, tentu visi misi untuk menjadikan Indragiri Hilir sebagai kabupaten maju, bermarwah dan bermartabat, segera terwujud.

"Sejak awal pemerintahan saya, November 2013, yang bertepatan dengan masa pembahasan APBD Inhil 2014, kita telah mengusulkan agar program pembangunan dititikberatkan pada kawasan perdesaan. Maka meluncurlah DMIJ yang kita harapkan sebagai jalan menggapai visi Spirit Baru Indragiri Hilir, menjadi Kabupaten yang Maju, Bermarwah dan Bermartabat. Dengan APDESI tentu saya berharap sebagai bagian mensukseskan program ini demi terwujudnya desa yang maju membawa masyarakat sejahtera," tegas Wardan.

Demi kesuksesan pembangunan melalui pelaksanaan program DMIJ secara komprehensif, Wardan meminta pula agar seluruh komponen masyarakat termasuk para Kepala Desa yang terhimpun dalam DPC APDESI Kabupaten Inhil terjalin pula kekompakan. Apalagi DMIJ, jelas Wardan, dalam pelaksanaannya juga mengedepankan prinsip pemberdayaan masyarakat untuk menyusun rancangan pembangunan desa berdasarkan kebutuhan di masing-masing desa.

"Sehingga, tidak ada lagi pembangunan yang dilaksanakan tidak tepat sasaran," tegas Wardan.

Menyambut harapan Bupati Inhil HM Wardan, Ketua APDESI Inhil, H Palaloi, menegaskan bahwa APDESI Inhil siap sebagai garda terdepan mewujudkan pembangunan desa yang baik. Seperti dikatakannya, komitmen Pemkab Inhil dibawah kepemimpinan Wardan dengan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan desa menjadi prioritas tentu patut disambut oleh pemerintah desa dengan pelaksanaan pembangunan yang sebaik-baiknya di desa.

"Di undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa telah diamanahkan bahwa Kabupaten harus mengalokasikan anggaran sebesar 10 persen dari APBD. Saat ini, dengan DMIJ yang dicetuskan Pemkab Inhil dibawah kepemimpinan Pak Wardan bahkan alokasi lebih dari itu. Hal ini tentu sangat kita apresiasi. Wujud apresiasi tersebut kita komitmen untuk menjadi bagian terdepan dalam mewujudkan cita-cita yang telah tertuang pada visi misi Pemkab Inhil," tegas Palaloi.

Diakui Palaloi pula, dengan komitmen yang sangat besar kini dalam membangun desa, telah membawa desa-desa se-Inhil ke arah perbaikan yang cukup signifikan. Untuk itulah dia sangat mengharapkan agar DMIJ dapat terus berjalan.

"Dengan diluncurkannya DMIJ, berbagai fasilitas publik di pedesaaan satu demi satu kini sudah baik. Tentu kami selaku masyarakat desa sangat bersyukur atas pencapaian ini. Untuk itulah kami sangat berharap agat program ini dapat terus berjalan sehingga pelaksanaan pembangunan desa dapat terus berkesinambungan," pungkas Palaloi. ***Bud/Adv 

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved