DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Hebat, Inhu Wakili Riau Cerdas Cermat dan Pidato, PORSADIN Nasional Pasuruan Jatim

Editor :Ramdana Minggu,01 Oktober 2017 | 02:54:00 WIB
Hebat, Inhu Wakili Riau Cerdas Cermat dan Pidato, PORSADIN Nasional Pasuruan Jatim Ket Foto : Peserta lomba cerdas cermat dari PDTA Al-Azhar Rengatbarat, berfoto bersama guru dan peserta Kabupaten-kota lainnya lainnya usai perlombaan

PELITARIAU, Inhu - Pada Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) ke II tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan Jum,at (29/9/2017) sampai dengan (01/10/2017) di Tembilahan Indragiri hilir (Inhil), utusan dari Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) berhasil keluar sebagai juara I lomba cerdas Cermat dan Pidato.

Pada PORSADIN ke II, Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Provinsi Riau kegiatan yang diperlombakan adalah, lomba pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa arab, puisi islam, kaligrafi, muraatul wal imla, tahfiz dan cerdas cermat, sedangkan bidang olahraga adalah lomba atletik dan futsal.

Dari 9 bidang perlombaan yang di ikuti, perwakilan santri Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (PDTA) Inhu mengikuti 7 bidang perlombaan, dan berhasil memperoleh 5 juara dengan rincian, juara I lomba cerdas cermat kelompok peserta dari PDTA Al-Azhar Rengatbarat dengan nama santri pertama M Pangestu Afdilla, Naiyara Defana Putri, Irhami Azhara.

Untuk juara I lomba berpidato (ceramah, red) dengan menggunakan bahasa Indonesia utusan Inhu berasal dari PDTA Tuhfatul 'Alhfal Kecamatan Seberida atas nama santri Aditya Rafel Magilang. Sedangkan juara lainnya utusan PDTA Inhu berhasil meraih juara II lomba puisi islami putri dan lomba putra serta dari PDTA Inhu juga berhasil meraih juara II lomba Kaligrafi.

"Iya peserta PORSADIN Inhu ke II tingkat Provinsi Riau, utusan lomba cerdas cermat juara I berasal dari PDTA Al-Azhar," kata KTU Al-Azhar Rengatbarat Drs M Ihsan ketika dikonfirmasi pelitariau.com Minggu (1/10/2017) di Pematangreba.

Dijelaskannya, yayasan Al-Azhar sudah berdiri sejak tahun 2007 dengan memiliki 17 orang tenaga pendidikan dan saat ini jumlah peserta didiknya mencapai 273 orang siswa, terdiri dari pendidikan TKQ, TPQ dan PDTA. "Kami mengutamakan peserta didik memahami agama islam sejak usia dini," ujarnya.

Terpisah, Plh Kemenag Kabupaten Inhu Drs H Ahmad Karyani dikonfirmasi melalui Kasi Pendidikan diniah dan pondok pesantren (Pekapontren) Kemenag Inhu Marjoni SAg MA membenarkan, kalau dalam PORSADIN ke II tingkat Provinsi Riau, kalau utusan dari siswa MTDA Kabupaten Inhu berhasil meraih juara pada 5 bidang perlombaan, dua bidang perlombaan utusan PDTA Inhu meraih juara I.

Sebelum PORSADIN ke II tingkat Riau, jelas Marjoni, pihak Kemenag Inhu persiapan dengan melakukan seleksi perlombaan tingkat Kabupaten untuk bidang perlombaan yang di ikuti santri PDTA. "Mengikuti PORSADIN ke II di Riau, kita keterbatasan anggaran. Pemda Inhu tidak mengalokasikan anggaran untuk seleksi PORSADIN di Kabupaten, jadi kita hanya mengikuti 7 perlombaan dari 9 perlombaan yang ada," ucapnya.

Peserta PORSADIN Riau yang keluar sebagai juara I dalam perlombaan di Tembilahan tersebut akan dikirim untuk mengikuti PORSADIN ke III tingkat Nasional di Pasuruan Jawatimur pada 26 November 2017 mendatang. "Kita mempersiapkan peserta yang juara I dalam PORSADIN Riau untuk di kirim mengikuti lomba dalam PORSADIN tingkat Nasional di Pasuruan," jelasnya.

Dalam kegiatan PORSADIN yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten dan Provinsi Riau, seluruh biaya ditanggung oleh panitia FKDT Riau, dimana sumber biaya tidak dari Pemerintah, namun berdasarkan uiran. "Kita keterbatasan biaya, kita berharap Pemda Inhu menganggarkan kegiatan PORSADIN tingkat Kabupaten," harapnya. **zp/ram

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved