DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Awal Juli di Rohul, Ini Tiga Jenis Induk Ikan Yang Akan Dibudidayakan

Editor :Hendra Sabtu,10 Juni 2017 | 00:43:47 WIB
Awal Juli di Rohul, Ini Tiga Jenis Induk Ikan Yang Akan Dibudidayakan Ket Foto : Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul Ir M Ruslan MSi,

PELITARIAU, Rohul - Pemerintah kabupaten Rokan hulu (Pemkab Rohul), melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan memberikan perhatian lebih besar pada potensi sektor perikanan yaitu dalam pengadaan 3 (tiga) jenis induk ikan yang akan dibudidayakan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Benih Ikan (BBI) Rohul.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rohul Ir M Ruslan MSi, melalui Kabid Perikanan Andesmar SPi MSi, Kamis (08/06/2017) mengatakan, pengadaan ke-3 jenis induk ikan yang bersumber dari Anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rohul itu yakni, induk ikan Lele, Patin dan induk ikan Nila.

"Masing-masing jenis induk ikan akan dibudidayakan sebanyak 140 Kilogram. Menjelang awal Juli nanti, induk ikan itu sudah masuk ke UPT BBI Rohul", ucapnya.
 
Kata Andesmar, pada pengelolaan induk ikan nantinya diawasi dan dijaga oleh petugas perikanan di keahlian bidangnya. Ikan yang dibudidayakan juga harus memiliki lisensi dari Pemerintah dalam pengadaan benih ikan yaitu dari BBI Provinsi Jambi dan BBI Kabupaten Kampar yang telah memiliki sertifikat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menurutnya lagi, jenis induk-indukkan itu saja yang masuk dalam pengelolaan komoditas, karena ke-3 jenis ikan itu paling banyak dibudidayakan, dipasarkan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Selain itu, jika UPT BBI menghasilkan indukan ikan-ikan berkualitas, otomatis pembudidaya ikan bertambah serta dapat mendorong sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rohul.***DRA

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved