DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Jalur Panglimo Sati Asal Toar Harus Rebut Kejayaannya

Editor :Ramdana Jumat,12 Mei 2017 | 19:01:28 WIB
Jalur Panglimo Sati Asal Toar Harus Rebut Kejayaannya Ket Foto : ilustrasi pacu jalur

PELITARIAU, Kuansing - Jalur yang pernah menjadi kebangggàn masyarakat Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi (Kunasing) di era tahun 1990 an ini diharapkan kembali mampu meraih prestasi terbaiknya di setiap even pacu jalur baik pada tingkat rayon maupun tingkat nasional yang mèmperebutkan piala bergilir menteri Pariwisata RI di Teluk Kuantan.

Demikian dikatakan Bupati H Mursini Selasa malam (9/5) saat menghadiri mendiang jalur Panglimo Sati Toar kecamatan Gunung Toar. "Untuk bisa berprestasi pada tingkat rayon maupun nasional, syarat utamanya adalah seluruh elemen masyarakat yang ada di desa harus kompak," kata Bupati Mursini.

Hadir pada acara pendiangan jalur tersebut Wakil Ketua 1 DPRD Kuansing Sardiyono, AMd Asisten III, para kepala dinas, kepala abadan dan Kabag di lingkungan Pemkab Kuansing.

Disamping syarat lainnya kata Bupati Mursini, adalah berlatih yang keras dan jalur memang sedang berada dalam kondisi baik. "Tapia syarata utamanya harus kompak terlebih dahulu," kata bupati.

Selanjutnya bupati menyampaikan jika selama ini masih ada masyarakat yang tidak kompak atau terkotak kota, baik disebabkan oleh pilkada lalu ataupun disebabkan masalah lainnya yang ada di desa, sekarang kita hilangkan semua itu. Dan mari sama sama kita majukan desa kita ini, ujar bupati.

Mursini mengajak masyarakat Desa Toar untuk senantiasa kompak  bilama ingin meraih prestasi di segala bidang baik di jalur maupum bidang lainnya.

Bupati juga mengakui bahwa jalur Panglimo Sati toar ini dulunya merupakan kebanggaan Msyarakat Kecamatan Gunung toar. Akan tetapi belakangan ini preftasi jalurnya sudah mulai menurun, Untuk itu pupuklah terus rasa kebersamaan dai tengah tengah masyarakat dan hilangkan segala perbedaan yang terjadi selama ini ajak bupati .

Dari acara pelayuran jalur Panglimo Sati Toar ini berhasil terkumpul dana sebesar Rp 41 juta lebih. Dana ini antara lain bantuan dari.Bupati Kuansing Rp 5 juta, Wakil Bupati H Halim Rp 5 jt dan Sardiono Rp 5 jt ditambah dengan donator lainnya dari para pejabat eselon II dan III Pemkab kuansing serta pejabat yang berasal dari Kecamatan Kuantan Mudik Lama yang berkesempatan hadir. Kecamatan Kuantan Mudik lama itu adalah Hulu kuantan, Kuantan Mudik, Pucuk Rantau dan gunung Toar. *Kasmalinda

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved