DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Plt Bupati Sukiman Minta BUMdes Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa

Editor :Hendra Senin,16 Januari 2017 | 15:36:37 WIB
Plt Bupati Sukiman Minta BUMdes Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Ket Foto : Mubes BUMdes Rohul

PELITARIAU, Rohul- Plt Bupati Rokan hulu (Rohul) H. Sukiman, membuka acara Musyawarah ‎Akhir Tahun (MAT) Tahun Buku 2016 dan musyawarah besar luar biasa, Asosiasi Program Pemberdayaan Desa dan Badan usaha (APPDB) milik Desa di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center, Selasa (10/1/2017).

Dalam sambutanya Sukiman meminta BUMdesa yang ada di Rohul bisa berinovasi dalam artian, tidak hanya mengandalkan program simpan Pinjam. Namun bisa membuat program lain demi memajukan pembangunan desa.

"Saat ini kan kebanyakan bahkan hampir semua BUMdesa hanya mengandalkan program Simpan Pinjam. Makanya saya minta, adalah trobosan baru dari BUMdesa tersebut, seperti usaha Depot Air minum, Pangkalan Elpiji dan lainya," katanya.

Ia menambahakan, jika BUMdesa bisa berinovasi dan tidak hanya mengandalkan program simpan pinjam. Dirinya yakin, BUMdesa bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat desa.

Menurutnya, kehadiran  BUMdesa‎  ditengah-tengah masyarakat desa, merupakan hal yang positif dan sangat mendukung perekonomian desa. Untuk itulah, diharapkan dengan adanya inovasi program BUMdesa bisa lebih meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sukiman juga mendengar masih adanya tunggakan yang menyebabkan beberapa BUMdesa di Rohul ‎menjadi kurang berkembang. Diakuinya, memang saat ini perekonomian masyarakat sedang sulit, sehingga pengembalian dana pinjaman akan macet. Walaupun begitu diharapkan masyarakat tetap membayar kewajibanya walaupun tidak penuh setiap bulanya.

"Memang saat ini perekonomian masyarakat sedang sulit, tapi saya minta BUMdesa bisa tetap mengerakkan perekonomian desa," imbuhnya.

Masih ditempat yang sama, Ketua ‎APPDB Rohul Alexsusanto  mengungkapkan, di tahun 2016 memang mengalami penurunan terakait pengguliran dana di masyarakat, serta jumlah tunggakan.

"Faktor harga karet dan sawit yang sempat anjlok pada 2016 lalu, sangat mempengaruhi BUMdesa yang ada di Rohul," terangnya.**DRA

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved