DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Hasil Survei LSI, Popularitas Ahok Merosot

Editor :Rio Ahmad Jumat,11 November 2016 | 06:17:11 WIB
Hasil Survei LSI, Popularitas Ahok Merosot Ket Foto : dok

PELITARIAU, Jakarta - Hasil survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru, saat ini popularitas petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menukik tajam. Ada tiga hal yang membuat popularitas Ahok hanya beda tipis dengan dua cagub lainnya, yakni kasus penistaan agama, proses hukum Ahok dan tingkat kesukaan warga terhadap Ahok.

Menurut pendiri LSI, Denny JA, berdasarkan survei terbaru, popularitas Ahok terus menurun. "Saat ini elektabilitas Ahok sudah dibawah 30%, atau hanya 24,6%," katanya kepada wartawan di Jakarta dikutip okezone, Kamis (10/11/2016).

Denny menjelaskan, elektabilitas Ahok turun 6,8% dari survei yang sama di bulan Oktober 2016 (31,4%). Sementara survei di Juli 2016, Ahok mendapat 49,1%. Dan elektabilitas Ahok turun 34,70% jika dibanding survei Maret 2016 yang mendapat 59,3%.

"Kasus dugaan penistaan Agama (Kasus Al Maidah)  salah satu faktor utama turunnya suara Ahok di November 2016," katanya.

Kendati elektabilitas menurun, Ahok masih berada di peringkat atas dengan angka 24,6%, sedangkan Agus-Sylvi memperoleh dukungan 20,9%, dan Anies-Sandi mendapatkan dukungan 20,%.

"Ahok masih di rangking 1. Agus menyodok ke rangking 2. Namun selisih ketiga calon semakin ketat. Selisih ketiganya sudah di bawah margin of error. Siapapun bisa tersingkir di putaran pertama," katanya.

Mengenai survei terbaru ini, Denny mengatakan, survei dilakukan pada tanggal 31 Oktober-5 November 2016 di Jakarta. Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 440 responden.

Responden dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of Error survei ini plus minus 4.8 persen. Survei ini dibiayai dengan dana sendiri dan dilengkapi pula dengan kualitatif riset (FDG/focus group discussion, media analisis, dan depth interview). ***(prc/r 10)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved