DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

PWI Rohul Gelar Sosialisasi Teknik Penulisan Jurnalistik Dasar Tingkat SMA

Editor :Ramdana Sabtu,18 Oktober 2014 | 03:24:00 WIB
PWI Rohul Gelar Sosialisasi Teknik Penulisan Jurnalistik Dasar Tingkat SMA Ket Foto : PWI Rohul menggelar sosialisasi teknik penulisan jurnalistik bagi siswa SLTA. Pelatihan ini diikuti ratusan siswa dari 16 kecamatan

PELITARIAU, Pasirpangaraian - Sukses dengan Sosialisasi UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 kepada kalangan Humas perusahaan, Kamis (16/10/14) lalu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Rokan Hulu (Rohul) kembali menggelar Sosialisasi Teknik Penulisan Jurnalistik Dasar tingkat SMA sederajat se-Kabupaten Rohul, Sabtu (18/10/14).

 

Pelatihan Teknik Jusnalistik Dasar sehari diikuti ratusan siswa SLTA sederajat dari 16 kecamatan dilaksanakan di Hotel Sapadia Pasirpangaraian.

Acara dihadiri mantan Kabag Humas Setdakab Rohul Drs. Yusmar Yusuf M.Si, sejumlah Kepala Sekolah dan guru pendamping dengan mendatangkan narasumber wartawan senior Siswandi Sofian, merupakan Redaktur Pelaksana di salah satu media di Riau.

Pada sambutan pembuka, Ketua PWI Perwakilan Rohul Harjono mengajak siswa di Kabupaten Rohul untuk membuat media sendiri di sekolah seperti majalan dinding. Di media itu, siswa bisa menyalurkan bakat menulisnya.

"Kami mengharapkan, kedepannya peserta bisa menyebarkan ilmu jurnalistik yang didapat hari ini kepada siswa lain, sehingga ilmu yang didapat disebarkan kepada siswa yang lain," kata Harjono.

Kepada guru pembimbing, Harjono menginginkan agar kegiatan jurnalistik rutin dilaksanakan di sekolah, seperti membuat media menulis bagi siswa.

"Kami dari PWI siap diundang oleh pihak sekolah untuk pengembangan media sekolah," jelas Harjono.

Sementara itu, mantan Kabag Humas Setdakab Rohul Yusmar mengatakan di zaman serba teknologi seperti sekarang, sudah seharusnya setiap sekolah punya media atau pers sekolah.

Menurut dia, banyak orang pintar bicara, seolah-olah dia bisa menyelesaikan permasalahan di Indonesia, namun belum tentu dia bisa menulis atau mengetahui seni menulis.

Yusmar juga Kepala Disdukcapil Rohul menambahkan, banyak media pendukung gratis di dunia maya yang bisa dijadikan oleh siswa sebagai tempat menulis atau menuangkan ide positif seperti blog.

"Hal ini bisa menjadi salah satu peluang siswa dalam mengembangkan teknik menulis, apalagi jurnalistik jarang dipelajari di sekolah-sekolah umum," ujar Yusmar yang pernah menjabat Kabag Humas Setdakab Rohul selama 6 tahun.

Pria yang sudah berpengalaman di bagian Humas itu menantang siswa yang menjadi peserta untuk menulis berita cepat. Tantangannya, sebelum dia selesai memberikan materi, tulisan sudah selesai. Sebagaimana dilansir riauterkini.com. (PR-cr.ram)

 

Editorial : Ramdana Yudha

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved