DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bupati Bengkalis Lepas Napak Tilas Hari Pahlawan

Editor :Rio Ahmad Selasa,08 November 2016 | 19:59:30 WIB
 Bupati Bengkalis Lepas Napak Tilas Hari Pahlawan Ket Foto : Peserta napak tilas hari Pahlawan dilepas Bupati Bengkalis

PELITARIAU, Bengkalis - Sebanyak 550 pelajar dan pemuda dari kecamatan Bantan, Bengkalis dan Bukit Batu, Selasa (8/11) penuh semangat mengikuti napak tilas Sempena Hari Pahlawan. Napak tilas 2016 dilepas Bupati Bengkalis Amril Mukminin di monumen perjuangan masyarakat Desa Selatbaru, Kecamatan Bantan.

Para peserta yang terdiri dari 55 regu, mengenakan berbagai aneka atribut, mulai dari atribut ala militer lengkap dengan minatur senjata, semi militer, pejuang rakyat tempo dulu, atribut petani lengkap dengan topi capeng, maupun atribut sekolah.

Pada etafe pertama, para peserta berjalan kaki menempuh perjalanan hampir 27 Km, rute yang ditempuh Jl Sudirman Selatbaru, Jln Kartini, Jl Imam Bulqin Desa Pasiran, masuk ke Desa Bantan Tua, kemudian masjuk ke Jalan Delik mengarah kawasan perkebunan PT Meskom .

Kemudian pada etafe kedua pada Rabu (9/11) sebanyak 550 peserta akan kembali bergerak menelusuri jalan sepanjang sekitar 28 Km, rute yang ditempuh mulai dari kawasan PT Meskom, menelusuri jalan Pangkalan Batang, Jl Abdul Rasyid, Simpang Bangkinang, masuk ke Desa Pendekik dan berakhir di Bumi Perkemahan.

Napak tilas sempena Hari Pahlawan 2016 pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya dimulai (start) dari kota Bengkalis, namun pada tahun ini dimulai dari Selatbaru. Mengambil jalan kilas balik perjalanan para pejuang rakyat pada 1948 atau 68 tahun lalu. Kala itu, tepatnya tanggal 3 Desember 1948, Penghulu Kampung Selatbaru, Ali Dasuki memberangkatkan 41 Pejuang Rakyat untuk bergabung dengan Tentera Republik Indonesia (TRI) di bawah pimpinan Letda R Soebrantas di Pendekik.

Dengan semangat juang yang tinggi untuk mengusir penjajah Belanda yang bermarkas di Kota Bengkalis, 41 Pejuang Rakyat berangkat jelang malam dari Selatbaru, menuju Pasiran, masuk Jalan Deluk untuk menuju Pendekik.

Saat berjuang melawan penjajah Belanda, Pejuang Rakyat dari Selatbaru ini bersama TRI dan pejuang lain di Desa Pedekik, mendapat perlawanan sengit, sehingga gugur lima pejuang, yang dimakamkan di Tanam Makam Pahlawan Kesuma Kesatria Bengkalis. Mereka adalah, Sudarman, Sogimen, Mesran, Moniran dan Diran.

Hadir pada acara pelepasan Ketua DPRD Heru Wahyudi, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Arianto, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faisal Helmi, Camat Bantan Syamsul Bahri, Kapolsek Bantan AKP Yuherman, Kapolsek Bengkalis AKP Syafril Thalib, tokoh masyarakat.***(r 10/boc)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved