Kanal

Kapolda Menyamar, Tangkap Anggotanya Melakukan Pungli

PELITARIAU, Sumsel –Mau tahu sepak terjang anak buahnya di lapangan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo menyamar. Jenderal bintang dua ini menyamar jadi warga biasa mengendarai mobil dan melanggar lalu lintas.

Saat itulah Djoko dicegat anggota polisi yang tak lain adalah anak buahnya sendiri. Peristiwa itu terjadi beberapa waktu lalu. Saat Kapolda mengendarai mobil dengan pakaian sipil dan mobil berplat nomor sipil. Ketika melihat ada polisi bertugas di jalan, Kapolda sengaja melanggar rambu lalulintas. Djoko pun dihentikan dan dibawa ke pos polisi tak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP).

Rupanya petugas ini juga tidak mengenali kalau orang yang ditangkap dan di bawa ke pos polisi ‘bosnya.’ Di dalam pos tersebut, terjadi transaski antara Kapolda dan anak buahnya yang menangkap. Menurut Djoko, anggota itu meminta uang damai meski sudah beberapa kali ditolak. Dia meminta agar ditilang saja. Tapi anggota itu tetap meminta uang damai.

Setelah terdesak, Djoko pun mengeluarkan uang yang diminta dan langsung diberikan. Setelah uang diterima anggota polisi itu, dia memberitahukan identitasnya sebagai Kapolda Sumsel. Tak lama kemudian Kabid Propam Polda Sumsel Kombes Pol Hendro datang ke lokasi dan langsung mengamankan anggota itu atas perintah Djoko.

“Anggota itu memaksa minta duit damai, padahal waktu itu saya minta ditilang saja. Saya tanya surat tugas segala tapi tidak bisa ditunjukkan,” ungkap Djoko dikutip pos kota, Selasa (18/10).

Djoko bertekad akan memberantas pungli di jajarannya termasuk diantaranya dengan cara menyamar. “Perintah sudah disampaikan Presiden dan Kapolri, saya tak akan tinggal diam,” ujarnya.***(prc)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER