Kanal

Kepala Daerah Peduli dengan Pelatihan Kepala Sekolah dapat Penghargaan Menteri

PELITARIAU, Solo - Sejumlah kepala daerah akan menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yakni anungrah Kawastara Pawitra.

Diantara kepada daerah yang menerima penghargaan itu Tegal, Bantul, Gunung Kidul, Kulonprogo, Sleman dan Kota Yogyakarta. Kawastara Pawitra merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang dianggap peduli terhadap program pelatihan kepala sekolah.

Dalam kesempatan itu, Menteri pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan, guru wajib menuntaskan belajar mengajar di dalam sekolah. Itu artinya guru harus berada di lokasi sekolah selama delapan jam.

Tangung jawab itu, tegas Muhadjir, harus dilaksanakan sebagai bentuk tanggungjawab guru sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan penerima tunjangan profesi.

Menurut Muhadjir saat menyerahkan anugerah Kawastara Pawitra pembelajaran murid itu harus bisa dituntaskan saat jam sekolah dan di dalam sekolah. Dan saat ini sedang dalam penggodokan.

"Selain itu guru atau sekolah juga dilarang membuat LKS," pesannya di Solo Jawa Tengah dikutip okezone, Sabtu (15/10/2016).

Dalam kesempatan yang sama Muhadjir juga menyampaikan pihaknya juga sedang mengkaji format baru bagi pendidikan dasar dan menengah terkait dengan pendidikan karakter.

Muhadjir juga menyiapkan kebijakan untuk mengubah format pendidikan di bangku Sekokah Dasar dan Sekokah Menengah Pertama mengarah pada pembentukan karakter. Namun tidak boleh seragam, sesuai dengan keraifan lokal yang ada.

Nantinya komposisi pelajaran yang diajarkan yakni pengetahuan sekira 30 persen, dan sisanya untuk memberikan pendidikan karakter pada siswa. ***(r 19)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER