Kanal

Gajah Liar Mengamuk Masuk Perkampungan Anak Talang Inhu

PELITARIAU, Inhu - Gajah liar yang berasal dari konservasi satwa liar daerah Kab. Muara Tebo Propinsi Jambi mengamuk di dusun Sei. Guntung desa Anak Talang Kec Batang Cenaku Inhu. Gajah tersebut sudah memakan pucuk dan merusak perkebunan sawit masyarakat desa tersebut.

Atas kejadian tersebut Kapolsek Batang Cenaku Inhu Iptu H. Arsyad memerintahkan Kapospam Lubuk Kandis Bripka Jimmi Tobing meninjau lokasi keberadaan gajah tersebut. Dilokasi kejadian ditemukan satu ekor gajah liar serta juga ada regu konservasi satwa liar Frankfurt Zoological Society yang berasal dari Kab. Muara Tebo, pada hari Jumat (7/10) sekira pukul 11.00 wib.

Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni didampingi Paur Humas Polres Inhu Iptu Yarmen Djambak, Senin (10/10) menjelaskan bahwa regu konservasi satwa liar Frankfurt Zoological Society diketuai oleh Maskum Sopian bersama tiga orang anggotanya. Dari tim ini diperoleh informasi bahwa gajah tersebut cuma satu ekor dan berjenis kelamin jantan.

Menurutanya gajah tersebut berasal dari konservasi satwa liar daerah Kab. Muara Tebo Propinsi Jambi. Serta sudah berada di wilayah Riau sejak tanggal 29 September 2016 lalu. Gajah tersebut sudah di pasangi GPS Colar yang berarti gajah tersebut termasuk gajah liar yang harus dipantau.
 
"Untuk evakuasi gajah tersebut pihak konservasi sudah berkordinasi dengan pihak Dinas Kehutanan dan BKSDA Kab. Inhu. Sembari menunggu proses peizinan untuk tembak bius dari Polda Riau, gajah tersebut akan terus dalam pemantauan pihak konservasi satwa liar tersebut,"jelas Kapolres.

Untuk itu Kapolres menghimbau kepada masyarakat agar tidak mengusik ketenangan gajah tersebut sampai proses evakuasi selesai. Sehingga dengan demikian diharapkan nantinya tidak akan terjadi hal-hal yang tidak kita iginkan.***(r 10)     


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER