Kanal

Wajar Elektabilitas Ahok-Djarot Anjlok, Pemilih Terpecah

PELITARIAU, Jakarta - Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menganggap wajar anjloknya elektabilitas calon gubernur DKI petahana, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan wakilnya, Djarot Saiful Hidayat berdasarkan Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Menurutnya, kompetisi baru saja dimulai dengan mendaftarnya pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno beserta Agus Harimurti Yudhoyono yang berpasangan dengan Sylviana Murni.

"Secara umum survei itu baik. Itu di Amerika maupun Indonesia akan ada fluktuasi dalam elektabilitas para calon. Ini adalah survei yang dilakukan setelah pendaftaran di KPUD DKI ini baru dimulainya kompetisi. Kalau sebelumnya ya memang belum bisa disimpulkan hasil surveinya," kata Siti saat berbincang dengan Okezone, Rabu (5/10/2016).

Siti memastikan, para konsituen akan memilih siapa calon yang nanti akan didukungnya pada Pilgub DKI. Adanya nama Anies Baswedan hingga Agus Harimurti Yudhoyono, menurut Siti, telah berhasil mencuri perhatian publik.

"Perhatian pemilih itu terpecah karena adanya Agus dan Anies. Mereka berhasil mencuri perhatian jadi tidak hanya fokus pada petahana sehingga elektabilitasnya terus turun," urai Siti.***(prc)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER