Kanal

Ketua Komisi III DPR Tidak Permasalahkan Ada Dua Jenderal Polisi

PELITARIAU, Jakarta - Ketua Komisi III DPR yang membidangi hukum Bambang Soesatyo (Bamsoet) tidak mempermasalahkan adanya dua jenderal polisi/ Menurutnya, salah besar jika diasumsikan kedua jenderal polisi itu akan bersaing.

"Sebaliknya, polri akan semakin solid karena Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) Jenderal Pol Budi Gunawan justru akan saling melengkapi dan saling mendukung," kata Bamsoet di Jakarta dikutip Beritasatu, Minggu (11/9).

Diketahui, polri kini memang memiliki dua jenderal bintang empat. Tetapi, dalam struktur institusi polri, hanya ada satu jenderal bintang empat yang memegang komando yakni Kapolri Jenderal Tito. "Benar bahwa Budi Gunawan jenderal polisi bintang empat. Tetapi secara kedinasan, dia sudah berada di luar struktur polri, sehingga derajat kepangkatan Budi Gunawan tidak memberi pengaruh apa pun terhadap sistem komando di tubuh Polri," terang dia.

Bamsoet meyakini kedua jenderal polisi ini dipastikan tidak akan bersaing. Satu aspek yang tidak boleh dilupakan oleh berbagai kalangan, adalah fakta bahwa Jenderal Tito maupun Jenderal Budi Gunawan adalah sosok perwira yang berkualitas dengan intelektualitas mumpuni.

"Keduanya paham betul profesionalisme. Jenderal Budi akan tetap menghormati kapolri, dan sebaliknya Jenderal Tito akan menghormati kepala BIN. Karena kapolri dan kepala BIN bekerja untuk kepentingan negara, keduanya sudah pasti akan membangun sinergi," tandas politisi Golkar ini.

Lebih lanjut, Bamsoet mengatakan faktor lain yang juga patut digarisbawahi adalah kedua jenderal polisi itu secara personal memiliki hubungan baik. Keduanya saling menghormati dan menghargai.

"Jadi, kalau ada pihak yang coba-coba mengadudomba kedua jenderal polisi itu dengan menggambarkan adanya mata hari kembar di tubuh polri, upaya itu akan sia-sia," pungkas dia.(prc)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER