Kanal

Jumlah Hewan Qurban Tahun 2016 di Inhu Sebanyak 1.253 Ekor

PELITARIAU, Inhu - Hewan qurban yang akan disembelih  pada hari raya Idul Adha 1437H / 2016M besok Senin (12/9) di wilayah Inhu sebanyak 1.253 ekor.  Jumlah tersebut tidak termasuk adanya qurban yang dilaksanakan pribadi ataupun juga lembaga lainnya di masyarakat yang tidak dilaporkan.

Hewan Qurban yang akan disembelih tersebut jenisnya terdiri dari 6 ekor kerbau, 1.026 ekor sapi dan 221 ekor kambing. Semua hewan qurban tersebut saat ini sudah siap untuk disembelih baik yang dilaksanakan di suaru maupun di masjid.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Inhu H. Abdul Kadir melalui Kasi Bimas Islam, H. Abdul Karim, kepada wartawan. Dijelaskannya jumlah hewan qurban yang disembelih pada hari raya Idul Adha tahun 2016 sebanyak 1.253 ekor menurun dari tahun 2015 yang berjumlah 1602 ekor.

"Namun jumlah penyebaran masyarakat yang melaksanakan Qurban pada Idul Adha 1437 H tahun 2016 ini cendrung merata. Boleh dikatakan tidak ada masjid atau mushallah / surau  yang tidak menggelar penyembelihan hewan kurban, itu artinya, peserta kurban tahun ini cukup merata," terangnya.

Untuk pemeriksaan kesehatan hewan Qurban menurut Abdul Karim sudah bekerja sama dengan masing-masing UPT Dinas Peternakan yang ada di masing-masing kecamatan. Hingga saat ini tidak ada laporan tentang adanya hewan Qurba yang sakit atau tidak layak untuk disembelih besok (Senin, red).***(r 10)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER