Kanal

Presiden Ajukan Wakapolri Budi Gunawan sebagai Kepala BIN ke DPR

PELITARIAU, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengajukan Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) ke DPR RI. Ia direncanakan menggantikan Letjen (Purn) Sutiyoso.

Surat pengajuan nama mantan Kalemdikpol Polri itu diantarkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ke jajarna pimpinan DPR.

Menanggapi penunjukan Budi Gunawan, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, Jokowi tentu akan memertimbangkan Sutiyoso untuk menduduki jabatan lain di lembaga negara dan pemerintahan. Namun, soal usia dan kecakapan juga menjadi bagian yang dipertimbangkan.

"Tentu semua juga dipertimbangkan, tapi juga menyangkut usia. Tentu kalau aktif secara langsung, tentu melampaui. Tapi tentu Presiden akan mempertimbangkan yang sesuai dengan beliau (Sutiyoso)," ujarnya di Jakarta dikutip okezone, Jumat (2/9/2016).

Sementara mengenai dipilihnya Komjen Budi Gunawan menggantikan Sutiyoso, JK mengatakan hal itu sepenuhnya merupakan keputusan Presiden.

"Kalau soal pejabat BIN, memang itu kan tidak punya batas waktu, ada yang panjang dan pendek. Memang tidak ada aturan, sesuai dengan pertimbangan Pak Presiden bahwa ini perlu diganti dan tidak perlu diganti," jelas dia.

Sutiyoso diketahui telah lebih dari satu tahun menjadi Kepala BIN. Ia dilantik oleh Jokowi pada 9 Juli 2015 lalu. Menurut JK, tidak ada alasan khusus mengapa Jokowi memilih Budi Gunawan.

"Ini termasuk hak prerogatif Presiden. Kalau Presiden sudah memandang perlu pergantian, maka diganti. Jadi tidak punya alasan yang dapat dikemukakan, ini merupakan keputusan Bapak Presiden," tukas JK.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPR, Tubagus Hasanuddin menganggap tidak ada masalah dengan rekam jejak dan kemampuan Komjen Pol Budi Gunawan untuk diangkat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Letjen TNI (Purn) Sutiyoso.

"Track record dan kemampuan tidak ada masalah," kata Tubagus. ***(prc)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER