Kanal

Karlahut Riau Makin Parah, Badan Restorasi Gambut Turunkan Tim

PELITARIAU, Jakarta - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau makin parah. Badan Restorasi Gambut (BRG) ikut menurunkan tim ke lokasi kebakaran untuk memantau perkembangan sekaligus menangangi bencana itu.

"Kami sudah menurunkan tim dan terus memantau perkembangan yang terjadi di lapangan, khususnya yang di Riau," ujar Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan BRG, Mirna Savitri kepada Okezone, Minggu (28/8/2016).

Ia menambahkan, merujuk pada Perpres Nomor 1 Tahun 2016, BRG bertugas untuk melakukan pencegahan kebakaran lahan gambut di tiga provinsi yakni Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, dan Riau.

Sebab itu, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta pemda setempat untuk segera melakukan penanganan.

"Khususnya untuk BRG tahun ini, perintah perpres itu kan memulai pekerjaannya di tiga Provinsi Kalteng, Sumatera Selatan dan Riau," imbuhnya.

 Meski demikian, Mirna memastikan, jika di kawasan pembinaan BRG, saat ini sudah bisa ditangani. Di Kabupaten Kepualau Meranti misalnya.

 "Kami diminta khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti, tidak banyak yang terbakar, sementara di Kabupaten Kampar, Bengkalis dan Rakan Hilir. Kami berkoordinasi dengan KLHK, BNPB dan pemda," tandasnya. ***(prc)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER