Kanal

Pemkab Inhil Mendukung Penuh Pemekaran Kab. Inhil Utara

PELITARIAU, Tembilahan - Kamis, 9 Oktober 2014 bertempat di Aula Hotel Arrahman Tembilahan, Wakil Bupati Inhil H Rosman Malomo menghadiri sekaligus membuka secara resmi Rapat Konsolidasi dan Evaluasi Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Indragiri Utara.


Dalam sambutannya, Rosman Malomo menyampaikan bahwa inisiatif pemekaran wilayah pada dasarnya berangkat dari adanya peluang bagi masyarakat dan daerah untuk melakukan pemekaran/penggabungan wilayah.

 

“Kesempatan yang diberikan tersebut tertuang dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, dimana salah satu aspek yang sangat penting dari pelaksanaan otonomi daerah terkait dengan pemekaran adalah, adanya tujuan untuk memperkuat hubungan antara pemerintah daerah dan masyarakat lokal, “ ungkapnya.

 

Selain itu Rosman juga menyampaikan tentang pentingnya pertumbuhan kehidupan demokrasi, dengan interaksi yang lebih intensif antara masyarakat dan pemerintah, baik yang baru maupun yang lama, sehingga masyarakat sipil akan memperoleh hak-hak dan kewajibannya secara lebih baik sebagai warga negara.

 

Dalam kesempatan itu Ia juga mengingatkan bahwa Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir mendukung penuh rencana pemekaran Kabupaten Indragiri Hilir Utara karena keinginan untuk menyediakan pelayanan publik yang lebih baik dalam wilayah kewenangan yang terbatas/terukur, mempercepat pertumbuhan ekonomi penduduk setempat melalui perbaikan kerangka pengembangan ekonomi daerah berbasiskan potensi lokal serta keinginan untuk adanya penyerapan tenaga kerja secara lebih luas disektor pemerintah dan swasta dan dunia usaha.

 

“Kita berharap dengan adanya Rapat Konsolidasi dan Evaluasi Badan Pekerja Pembentukan Kabupaten Indragiri Hilir Utara tahun 2014 ini, kita dapat bersama-sama berjuang untuk mempercepat proses pembentukan daerah otonomi baru yaitu Kabupaten Indragiri Hilir Utara, sebagaimana yang menjadi aspirasi masyarakat Inhil Utara, “ paparnya. (cr.mar)

 

Editorial : Ramdana Yudha
 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER