Kanal

Ratusan Pelajar Tampilkan Tari Kolosal Meriahkan Pembukaan MTQ Inhu

PELITARIAU, Inhu - Ada sesuatu hal yang menarik perhatian pengunjung dalam pembukaan MTQ ke 46 Tingkat Kab Inhu di desa Seresam Kec Seberida. Saat penampilan sekitar 135 pelajar membawakan tari kolosal Rampak Melayu Bersatu yang dimainkan oleh Pelajar SMAN 1 Siberida.

Penampilan sekitar 135 pelajar yang membawakan tari ini dibawakan pelajar yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Tari ini merupakan tarian yang menceritakan tentang rakyat melayu yang memegang erat prinsip persatuan dan kesatuan.

Menurut koreografernya Agnes Arianti Winangun SPd pada tarian ini juga nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan Tuhan, diri sendiri, sesama dan kebangsaan.

"Tarian Rampak Malay merupakan tari yang menggambarkan keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan gerak tubuh yang diperhalus melalui estetika," terangnya.

Pada tarian Rampak Malay bersatu ini juga menunjukan simbol dari warna yang bagi orang melayu mengandung makna kesatuan pada warna kuning, tanda persaudaraan dan keberanian pada warna merah, warna kesuburan dan kemakmuran pada warna hijau, serta lambang kejayaan dan kemegahan pada warna keemasan, tutupnya.

MTQ ke-46 ini dibuka oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto yang ditandai dengan pemukulan beduk. Sebelumnya juga dilaksanakan defile peserta dari 14 kafilah yang berasal dari 14 Kecamatan yang akan tampil dalam pelaksanaan MTQ dihadapan Bupati Inhu dan undangan lainnya.***(r 10)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER