Kanal

Tercatat 109.013 Dapatkan Vitamin A dari Diskes Pekanbaru

PELITARIAU, Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru menggalakkan pemberian Vitamin A untuk anak berusia 6-59 bulan. Saat ini dari data dana kesehatan, ada sebanyak 109.013 anak di Kota Pekanbaru yang mendapatkan Vitamin A. Diskes juga menjamin Vitamin A yang diberikan tidak ada yang palsu.

Pemberian Vitamin A bagi bayi dan balita itu dilakukan untuk meningkatkan cakupan Vitamin A. Pemberian Vitamin A bersamaan dengan bulan penimbangan balita. Dalam setahun, Vitamin A diberikan dua kali bagi tiap balita yaitu Februari dan Agustus.

Demikian diungkapkan Kasi Gizi Diskes Pekanbaru, Melly Susanti SKM MKes. Ia mengatakan, jumlah bayi dan balita yang mendapat Vitamin A sebanyak 109.013 orang, dengan rincian untuk usia 6-11 bulan 23.596 orang dan balita usia 12-59 bulan sebanyak 85.417 orang.

"Untuk bulan penimbangan balita dilakukan pada semua balita. Sementara, untuk kapsul Vitamin A biru diberikan untuk bayi usia 6-11 bulan, dan kapsul Vitamin A merah untuk anak usia 12-59 bulan," katanya, pada Rabu (17/8/2016).

Gebyar Vitamin A serentak dilaksanakan di  Posyandu yang ada di masing-masing kelurahan. Ia mengakui, banyak ibu di Kota Pekanbaru berstatus pekerja. Kondisi itu menyebabkan mereka sulit menyempatkan waktu untuk membawa anak secara rutin ke posyandu.

Pemberian Vitamin A dalam dosis tinggi ini harus diberikan secara rutin enam bulan sekali dan untuk dosisnya sudah disesuaikan dengan usia dan kebutuhan si anak. Vitamin yang diberikan secara gratis ini bisa diperoleh di seluruh sarana fasilitas kesehatan.

Pihaknya akan melakukan sweeping ke rumah warga setelah pemberian vitamin A. "Kader punya kewajiban untuk memberikan Vitamin A kepada seluruh anak, jika tidak bisa dilayani di tempat posyandu maka kader melakukan sweeping dengan mendatangi rumah warga," tutupnya. ***(al)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER