Kanal

Angka Perceraian di Pekanbaru Masih Tinggi

PELITARIAU, Pekanbaru - Angka pernikahan di Kota Pekanbaru selalu melonjak saat akan memasuki bulan Ramadhan. Berbeda halnya dengan akan memasuki Hari Raya Idul Adha tahun ini jumlah pasangan yang menikah  mengalami penurunan jika di bandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Kemenag Kota Pekanbaru, Edwar S Umar, mengatakan, di wilayah Pekanbaru trend menikah mengalamai peningkatan drastis terjadi satu, dua hingga satu bulan menjelang masuknya Puasa Ramadhan. Setelah itu, angka pernikahan mengalami penyusutan, terutama pada bulan Ramadhan, syawal, zulqo'dah dan Zulhijjah.

"Intinya puncak banyaknya orang menikah terjadi satu bulan menjelang bulan puasa," katanya, pada Sabtu (13/8/2016).

Dikatakannya, perbandingan angka pernikahan di setiap bulannya, jika di bulan biasa angka pernikahan hanya 400 pasang, namun dua bulan atau satu bulan jelang lebaran angka pernikahan naik seratus persen, artinya encapai 700 hingga 800 pasang menikah saat itu.

Edwar juga membocorkan, angka pernikahan dengan perceraian saat ini berbanding 40:60. Artinya dari 100 persen yang menikah setiap tahun 40 persen diantaranya bercerai dan hanya 60 persen yang tetap bertahan dengan pernikahannya.

Menurut dia, Kondisinya saat ini sangat menghawatirkan. Hal ini karena angka perceraian sangat tinggi. Padahal, sebelum pernikahan pengantin selalu diberi nasehat perkawinan.

"Nasehat perkawinan juga, sebagai cara melestarikan dan membahagiakan keluarga dalam berumah tangga," tuturnya.***(al)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER