Kanal

Presiden Minta Bupati/Wako Tak Persulit Para Investor

PELITARIAU, Semarang – Presiden RI Joko Widodo memberikan pesan serius kepada para bupati dan wali kota (Wako) di Jawa Tengah agar mempermudah proses pelayanan dan perizinan kepada para investor.

Jokowi meminta agar mereka mempemudah para calon investor dan membantu proses perizinannya, bukan mempersulit.

"Bapak-Ibu Bupati yang datang, saya minta bantu Bapak-Ibu ini, yang mau dirikan pabrik padat karya, saya minta bantu, jangan disulitin," kata Jokowi kepada para kepala daerah dalam acara sosialisasi pengampunan pajak di Semarang, dikutip kompas.com, Selasa (9/8/2016) malam.

Para kepala daerah diminta membantu proses pemberian izin secara cepat. Jika dimungkinkan, pelayanan bisa selesai dalam waktu satu hari sehingga proses pendirian pabrik bisa lebih cepat.

"Kalau bisa sehari beri izin. Dulu di BKPM bisa berbulan-bulan. Kita obrak-abrik sekarang 3 jam sudah bisa untuk 8 izin. Dicek terus, ternyata bisa. Saya meyakini itu bisa," kata Presiden.

Jokowi juga berpesan agar para kepala daerah menghilangkan rasa pesimistis dalam membangun daerahnya. Kepala daerah diminta tidak takut bersaing.

Jokowi yakin bahwa negara ini bisa bersaing dengan bangsa lain asalkan bisa menyederhanakan hal yang sulit menjadi mudah.

Untuk itulah, pemerintah mengevaluasi puluhan ribu peraturan yang mempersulit investasi.

"Dulu itu terlalu banyak aturan, ada 42.000 peraturan. Saya lihat saja pusing, belum lihat dalamnya. Ini perubahan cepat sekali, kalau salah merumuskan bisa ditinggal negara lain," kata dia.***(prc)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER