Kanal

Ada 8 Cagub DKI Daftar Jalur Independen

PELITARIAU, Jakarta - Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, ada delapan nama yang akan mendaftar sebagai calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur DKI Jakarta melalui jalur independen atau perorangan.

"Udah ada yang konfirmasi delapan orang, atanya mau datang," ujar Sumarno di Kantor KPU DKI Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat sebagaimana dikutip okezone, Rabu (3/8/2016).

Namun saat dikonfirmasi siapa saja ke delapan orang tersebut, dia menolak untuk menyebutkan.

"Apakah benar atau tidak saya tidak bisa menyebutkan karena kurang etis," katanya.

Sumarno menambahkan, dari delapan orang tersebut tiga diantaranya menghubunginya melalui telefon, sementara lima orang lainnya akan datang langsung untuk mendaftarkan diri melalui jalur independen.

Sumarno menegaskan, syarat utama yang harus dipenuhi oleh bakal calon independen yaitu memenuhi jumlah dukungan minimal 532.213 KTP.

"Kami tidak akan mengecek apakah dukungan ini benar apa tidak, dukungan ini ganda apa tidak. Yang penting jumlahnya terpenuhi dulu," tegasnya.

Dukungan tersebut dapat dibuktikan dengan pengumpulan KTP yang berdomisili Jakarta Raya. Kemudian jika data tersebut validasi atau cocok, maka akan maju ke tahap berikutnya yaitu verifikasi faktual dengan mendatangi langsung ke rumah-rumah pendukung sesuai KTP.

"Kalau terpenuhi tahap selanjutnya akan mencocokan pendukung dari KTP ke lokasi," tuturnya.***(prc)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER