Kanal

Diskes Meranti Laksanakan Program Imunisasi Campak 2016

PELITARIAU, Meranti- Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kepulauan Meranti telah melaksanakan pemberian vaksin campak kepada balita usia 9 bulan sampai 59 bulan. Pemberian vaksin campak melalui alat suntik itu telah dilaksanakan  pada Senin 01 Agustus kemarin hingga 14 Agustus 2016.

“Target sasaran pemberian campak di seluruh Kabupat Meranti dari Data Pusat dan Informasi (PUSDATIN) dari Pusat itu berjumlah 14.453 anak. Akan tetapi kalau data dari kita, yang kita kumpulkan dari seluruh puskesmas di Kabupaten Kepulauan Meranti berjumlah 14.458 anak,” terang Kepala Diskes Kepulauan Meranti dr Irwan Suwandi melalui Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan Lingkungan (PMKL) dr Ria Sari, saat ditemui Pelitariau.com diruang kerjanya, Pada Selasa (02/08) pagi.

Selain itu, dirinya juga mengatakan apabila dalam akhir pelaksanaan pada tanggal 14 agustus yang juga diberi target minimal 95% kurang dari sasaran, maka pihaknya akan melakukan swiping rumah kerumah (mendatangi rumah kerumah, red).

“Nantinya kalau ada anak-anak usia 9 bulan sampai 59 bulan ada yang belum mendapatkan imunisai campak ini, nantinya kita akan datni kerumah. Dalam program campak ini kita memberikan suntikan,” ungkap dr Ria.

Untuk diketahui, gejala penyakit campak itu terjadinya awalnya dari demam tinggi, ada bintik-bintik kemerahan dan diserta batuk atau pilek dan mata merah. “Tatapi untuk menegakan diagnosa pasti, nantinya akan diambil serum untuk di periksakan di laboratorium untuk mengetahui campak atau tidak,” jelasnya.

 

Terkait hal tersebut pula, dirinya juga mengharapkan kepada orangtua yang mempunyai anak usia 9 bulan sampai 59 bulan agar membawa anaknya ke Posyandu terdekat untuk mendapatkan imunisasi campak. “Untuk vaksinnya, kepada orangtua agar tidak ragu, karena vaksin ini kita datangkan langsung dari Kememterian,” harapnya.***


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER