Kanal

Harga Karet Anjlok, Sembako Meroket Petani Meranti Menjerit

PELITARIAU, Meranti- Perekonomian petani karet semakin sulit saja, pasalnya harga karet beberapa tahun belakangan ini menurun yang mana sebelumnya harga karet pernah berada di harga Rp10.000/Kg namun kini harga karet semakin saja menurun pada angka Rp 4500/kg.

Dengan menurunnya harga karet pada saat ini dengan harga Rp.4500/kg membuat petani karet semakin terjepit karena tidak di imbangi dengan harga sembako. Sementara ini harga sembako kian meroket saja.

Turyati (46) warga meranti yang juga sebagai petani karet kepada pelitariau.com selasa, (26/7/16) mengaku bahwa ia sangat kewalahan dalam mengatur keuangan di rumah tangganya di karena kan harga karet semakin murah.

"Kami sangat kewalahan mengatur keuangan rumah tangga dengan harga karet Rp.4500/kg" ungkapnya.

Turyati juga mengatakan bahwa penghasilan sehari harinya hanya dari menyadap karet, namun harga karet saat ini hanya Rp.4500/kg sebelumya Rp.5000/kg. Dengan harga karet Rp.4500/kg tidak sebanding dengan harga beras yang mencapai Rp 11.000/ kg, gula pasir Rp.19000/kg, dan sembako lainnya yang semakin meroket saja.

Hal senada juga di ungkapkan Suria (42) warga meranti dan sehari harinya bekerja sebagai petani karet. Harga karet semakin murah semakin mencekik kami petani karet," ujar suriah.

"Kami berharap pemerintah bisa menstabil kan harga karet dan juga harga sembako sehingga kami masyarakat kecil tidak lagi semakin susah," harapnya.***Ek


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER