Kanal

14 desa di Inhu Sudah Memiliki Perpustakaan

PELITARIAU, Inhu- Saat ini sudah berdiri sebanyak 14 perpustakaan desa yang tersebar diberbagai kecamatan di Inhu. Diantara perpustakaan desa tersebut ada yang mendapatkan prestasi peringkat pertama dalam lomba perpustakaan tingkat Propinsi Riau.

Perpustakaan desa yang dibangun melalui Kantor Perpustakaan Daerah, Arsif dan Dokumentasi Kab Inhu akan menyebar di seluruh desa yang ada. Sehingga minat baca masyarakat diharapkan akan semakin meningkat dan pengetahuan masyarakat juga meiningkat

Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Arsip dan Dokumentasi Kab. Inhu, Usep Sudrajat melalui Kepala Sub Bagiaan Tata Usaha (Kasubag TU) Inadawati Ssos bahwa 14 desa yang telah di bangun masing 1 desa di setiap kecamatan di kabupaten Inhu.

Di antaranya desa Pauranap, Kec.Peranap, desa Suka Maju Kec. Batang Peranap, desa Kota Medan Kec. Kelayang,  desa Kulim Jaya Kec. Lubuk Batu Jaya. Selain itu perpustakaan desa ini juga sudah dibangun di desa  Talang Tujuh Buah Anak Tangga Kec. Rakit kulim, desa Petalongan Kec. Pasir penyu, desa Petaling Jaya Kec. Batang cenaku, desa Seberida Kec. Batang Gansal, desa Bulu Rampai Kec. Seberida, desa Talang Jerinjing Kec. Rengat Barat, desa Sei Beringin Kec. Rengat, dan desa Kuala Mulia Kec. Kuala Cenaku.

Inada selanjutnya mnegungkapkan dari 14 perpustakaan desa di wilyah Inhu tersebut, perpustakaan desa Buluh Rampai Kec. Seberida mendapat peringkat pertama di Provinsi Riau. Serta mendapatkan peringkat lima besar dalam lomba perpustakaan desa di tingkat Nasional.

"Sejauh ini program pembangunan perpustakaan desa berjalan dengan baik dan di tanggapi sangat antusias oleh masyarakat dan pemerintahan,"jelas Inadawati.

Selanjutnya kepada masyarakat luas di wilayah kabupaten Inhu Inada menghimbau supaya mendukung program pembangunan pustaka desa dan menjadi perhatian kita bersama. Hal tersebut merupakan progaram yang membangun wawasan dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat dan generasi -generasi penurus bangsa khusus para pelajar di kabupaten Inhu,"jelas Inada. (arif)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER