Kanal

Desa Sukajadi Kec Lirik Inhu Terus Berbenah Atasi Banjir

PELITARIAU, Inhu-Berbagai kegiatan pembangunan saat ini terus digeza oleh masyarakat desa Sukajadi Kec. Lirik Inhu. Sehingga tidak heran desa tersebut dalam tahun 2016 ini menjadi utusan Kec. Lirik dalam lomba desa tingkat Kab Inhu.

Dibawah kepemimpinan Kepala desa Jefi Seftiahadi desa yang berbatasan dengan PT. Pertamina EP field Lirik terus berbenah. Diantaranya membenahi permasalahan yang sering dihadapi desa tersebut saat ini yaitu banjir yang terus terjadi apabila hujan turun.

"Secara perlahan kita mencoba untuk terus berbenah agar desa cepat perkembangannya dan tingkat kesejahteraan terus meningkat. Termasuk juga dalam hal mengatasi banjir yang sering menimpa warga desa kalau hujan turun dengan lebat,"jelas Kepala desa Sukajadi Kec. Lirik Inhu Jefi Seftiahadi, Sabtu (23/7) di ruang kerjanya.

Dijelaskannya salah satu upaya yang kita laksanakan mengatasi banjir dengan mencuci parit ataupun drainase yang ada saat ini. Selain itu juga membangun drainase agar air dapat mengalir dengan lancar dan tidak sampai lagi menggenangi rumah warga.

Namun demikian menurut Jefi debit air yang melalui parit maupun drainase yang melintas di desa Sukajadi sangat tinggi. Sehingga parit ataupun drainase yang ada saat ini dinilai juga masih perlu penambahan dan termasuk panjang dan lebarnya.

"Bayangkan saja saking tinggi dan derasnya debit air yang mengarah ke desa Sukajadi sampai bisa merubuhkan sekitar 8 meter drainase yang baru dibangun. Namun demikian drainase tersebut sudah dibangun kembali sehingga air dapat mengalir kembali dengan lancar,"jelas Kades termuda di Kec. Lirik ini.

Lebih jauh Kades juga menjelaskan berbegai elemen masyarakat desanya saling bantu dan mendukung dalam program pembangunan. Kerjasama yang baik dengan BPD dan lembaga desa lainnya terus dibina dan dilibatkan dalam setiap kegiatan pembangunan.

"Demikian juga halnya dalam pelaksanaan kegiatan yang menggunakan Dana Desa tetap melibatkan masyarakat desa Sukajadi sebagai pekerjannya. Sehingga dengan banyaknya kegiatan pembangunan di desa dapat menjadi pendapatan masyarakat setempat, sebagai contoh dalam pekerjaan pembuatan drainase,"jelas Jefi. (r 10/prc)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER