Kanal

Diawali Ledakan, Tanah Amblas Seluas 1 Ha di Rangsang Pesisir Meranti

PELITARIAU, Meranti–Menghebohkan peristiwa alam ini sangat mengejutkan masyarakat di Dusun Tanjung Sari Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti. Peristiwa amblasnya tanah dengan kedalam kira-kira 1 Meter dan luas sekitar 1 Ha baru kali ini terjadi.

Berdasarkan Informsi dari sejumlah sumber, amblasnya tanah tersebut di awali dengan suara ledakan di sela-sela turunnya hujan, Rabu (20/7). Setelah hujan behenti dan salah satu warga melihat kejadian itu kemudian memberitahukan ke pemilik kebun.

Kebun yang amblas tersebut dekat dengan laut tanahnya turun dan pohon kelapa ikut miring bahkan ada yang tumbang. Mengetahui kejadian itu serentak warga mendatangi lokasi kejadian.

Danramil 02/Tebingtinggi, Mayor Arh Bismi Tambunan, melalui Danpos koramil 02 /Tebingtinggi, Pelda Lakattang, Kamis (21/7/16) mengatakan dari keterangan personil Danpos wilayah Pulau Rangsang, setelah melihat kejadian di Tempat Kejadian Perkara (TKP) memperkirakan kejadian ini kemungkinan pengaruh ombak yang selalu mengikis pantai. Sehingga terjadi lorong di bawah tanah sampai masuk di bawah daratan, sehinnga terjadi pengikisan dan terjadi rongga yang mengakibatkan tanah runtuh ke kebawah.

Meski tidak ada korban jiwa, menurut Lakattang pula, jika melihat dari lokasi kejadian 100 Meter dari bibir pantai tidak terjadi kerusakan.

"Kejadian ini akan mempercepat terjadinya abrasi karena 100 Meter dari laut bukanlah jarak yang jauh. Kalau abrasi sudah sampai di TKP itu akan mempercepat proses terjadi abrasi nantinya, sehingga pihak terkait harus segera menangani permasalahan ini," ungkap Lakattang.(eka)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER