Kanal

IPW Desak Jokowi Tunjuk BG Sebagai Kapolri

PELITARIAU, Jakarta - Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Presiden Joko Widodo untuk tidak ragu dan segera menetapkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti.

"Presiden juga diminta menghormati keputusan DPR yang telah merekomendasikan BG sebagai calon Kapolri yang dibatalkan pelantikannya," kata Ketua Presidium IPW, Neta S Pane, dalam keterangan tertulisnya kepada viva.co.id, Rabu, 8 Juni 2016.

Neta mengatakan, BG telah memenuhi syarat sebagai calon Kapolri karena dia sudah menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh DPR. Namun, BG kemudian batal dilantik saat itu, setelah berperkara dengan KPK.

"Sekarang tuduhan itu tidak terbukti benar dan BG tidak terbukti bersalah secara hukum. Karena itu, tidak ada alasan bagi Presiden untuk tidak segera menetapkan dan melantik BG jadi Kapolri," ujar Neta.

Menurut Neta, jika Jokowi tidak segera menetapkan siapa yang layak sebagai Kapolri, maka akan muncul berbagai spekulasi. Mantan Wali Kota Solo itu juga diminta mendengarkan rekomendasi DPR yang pernah keluar terkait Kapolri.

"Dan yang terutama Presiden harus menghormati DPR RI yang sudah merekomendasikan nama Budi Gunawan sebagai calon Kapolri."**


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER