Kanal

Menkeu Mulai Kalkulasi Anggaran Pesangon Bagi 1 Juta PNS

PELITARIAU, Jakarta-Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mulai memperhitungkan alokasi anggaran pesangon bagi satu juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan diberhentikan.

Namun untuk jumlah pastinya, Menkeu masih masih menunggu proposal dari Kementerian Pemeberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait rencana pemangkasan PNS hingga 2019.

"Ya dikurangin satu juta itu saja dikali jumlah gajinya tetapi kan harus ada model pesangon atau golden shake hand. Nanti dihitung dulu, kami tunggu proposal dari Kemenpan-RB," kata Menkeu seusai mengikuti kampanye Layanan Pajak e-Filing dan e-Billing, Minggu (29/5) sebagaimana diberitakan CNN Indonesia.

Kendati satu juta PNS akan dirumahkan, Bambang menjamin hal itu tidak akan mengurangi pelayanan birokrasi terhadap masyarakat. "Yang dirampingkan itu yang dianggap fungsinya sudah digantikan oleh yang ada maupun yang dari sistem," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kemungkinan pemangkasan itu dilakukan di bidang-bidang yang sudah bisa digantikan dengan sistem online.

"Kita makin banyak yang online dan juga sudah pakai Teknologi Informasi (TI). Ya mungkin nanti ada kebutuhan pengurangan pegawai," ucap Menkeu.

Sebelumnya, Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi mengungkapkan niatnya untuk menurunkan rasio kepegawaian, dari yang sekarang ini 1,77 persen terhadap total penduduk menjadi 1,5 persen.

Dengan sumsi tersebut, maka jumlah PNS di Indonesia yang saat ini berkisar 4,5 juta orang akan susut menjadi tinggal 3,75 juta orang. Hal ini berarti perlu ada pemangkasan sekitar 750 ribu hingga sejuta PNS.

"Jadi kira-kira sejuta orang (PNS akan dipangkas)," ujarnya di Istana kepresidenan, beberapa waktu lalu.**


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER