Kanal

Pencegahan Karlahut, Polsek Kuala Cenaku Bekerjasama Dengan Masyarakat

PELITARIAU, Rengat - Forum gotong royong peduli Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut), di Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri hulu (Inhu), membuat Kanal Blocking yang dilaksanakan oleh sejumlah masyarakat dan dibantu dari Pihak Kepolisian sektor (Polsek) Kuala Cenaku, telah selesai dikerjakan sebanyak 16 unit yang tersebar disetiap desa, Selasa (24/5).

 

Kapolsek Kuala Cenaku, AKP Deni Afrial melalui Kanit Binmas IPDA Johnson Sitompul kepada Pelitariau.com Selasa (24/5), menjelaskan bahwa pada pembuatan Kanal Blocking hari ini (Selasa.red) didesa Tambak dan desa-desa lainnya, dibuat sesuai dengan bentuk kanal yang direkomendasikan oleh Biro Oprasional Polda Riau. Kanal Bloking Attitude S -0,399403 dan Lattitude E 102,592054 dengan Lebar 4 meter, kedalaman 2,5 meter dan Panjang 2000 Meter. 

 

"Jumlah sementara Kanal Bloking yang sudah dibuat oleh Polsek Kuala Cenaku, sebanyak 16 unit. Diantaranya, Desa Rawa Asri 1unit, Desa Suka Jadi 2 unit, Desa Tanjung Sari 8 unit, Desa Pulau Jum'at1 unit, Desa Pulau Gelang 2 unit, Desa Rawa Sekip 1 unit dan Desa Tambak sebanyak 1 unit. jadi jumlah keseluruhannya menjadi 16 unit," ungkap IPDA Johnson Sitompul.

 

Dikatakannya lagi, adapun tujuan dibuatnya Kanal Blocking tersebut, sebagai upaya pencegahan dan antisipasi pada saat terjadinya Karlahut. Mengingat sebentar lagi kita akan memasuki musim kemarau, dimana beberapa wilayah khususnya Inhu, merupakan lahan gambut yang rawan akan terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

 

Diwaktu yang sama, Kapolsek Kuala Cenaku Akp Deni Afrial juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama, partisipasi dan bantuan masyarakat dalam pembuatan Kanal Blocking tersebut.*Sry


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER