Kanal

Ketua MPR: Hati-hati Berbicara

PELITARIAU, Semarang - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menanggapi komentar pimpinan KPK Saut Situmorang yang sempat menyinggung Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dalam sebuah acara televisi. Menurutnya sebagai seorang pemimpin sudah seharusnya berbicara dengan hati-hati sehingga tidak menimbulkan perpecahan.

Hal itu diungkapkan di sela kunjungannya ke Lawang Sewu Semarang didampingi Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan dan anggota Komisi X  DPR RI Yayuk Basuki. Zulkifli mengatakan tindakan maupun ucapan pemimpin harus bertujuan mempersatukan, bukannya menyebar kebencian.

"Pemimpin itu yang Pancasilais. Apapun ucapannya apapun tindakannya, tujuannya harus mempersatukan, menyebar kebaikan, jangan menyebar kebencian, membuat perpecahan. Kebencian akan dibalas kebencian, kemarahan akan dibalas kemarahan," kata Zulkifli, Senin (9/5/2016) sebagaimana diberitakan detik.com

Pernyataan itu juga merujuk pada aksi demo ricuh yang terjadi di depan gedung KPK akibat kata-kata Saut. Zulkifli menjelaskan memang tidak mudah memadamkan 'api' yang sudah tersulut. Peristiwa tersebut bisa menjadi pembelajaran agar para pemimpin lebih berhati-hati saat berucap.

"Hati-hati memadamkan 'api' memang tidak mudah. Hati-hati berbicara. Bagi saya kalau sudah minta maaf ya sudah," pungkasnya.

Sementara itu Saut sudah melakukan permintaan maaf lewat media atas ucapannya tanggal 5 Mei lalu dan berencana bertemu pihak HMI. Sedangkan Ketua Umum PB HMI Muhammad Fauzi sudah melaporkan Saut ke Bareskrim Polri dengan dugaan pencemaran nama baik. **


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER