Kanal

Berdayakan Masyarakat, Dinkes Pelalawan Melaksanakan Promkes

PELITARIAU, Kerinci-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Pelalawan melaksanakan Promosi Kesehatan (Promkes). Hal tersebut  merupakan upaya Dinkes dalam memberdayakan masyarakat agar memiliki Perilaku Hidup Bersih dan Sehat  (PHBS). untuk mengenali masalah kesehatan, mencegah dan menanggulanginya.

 

“Dengan Promkes menjadikan lingkungan lebih aman, nyaman, bersih dan sehat dalam mendukung PHBS," terang Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan dr Endid RP

Endit mengatakan Promkes menjadi salah satu upaya wajib bagi Dinkes Pelalawan. Penerapan PHBS yang gencar dilakukan Bupati Pelalawan melalui Dinkes diharapkan dapat dibuktikan,  kampanye perilaku hidup bersih dan sehat beberapa waktu lalu yang sejalan dengan visi misi Bupati  ciptakan Pelalawan sehat.

"Keseriusan pencanangan PHBS ini, melakukan pembentukan kader PHBS. Setiap bulannya Dinkes akan turun kelapangan untuk melakukan pemantauan dengan evaluasi pada kader yang sudah dibentuk," katanya.

Penerapan PHBS sendiri, sambungnya, ada 10 indikator yakni persalinan dibantu tenaga kesehatan, pemberian ASI ekslusif selama 6
bulan, berat badan ditimbang, menggunakan air bersih, cuci tangan pakai sabun, memakai jamban sehat, membasmi jentik nyamuk, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik, tidak merokok didalam rumah.

"Dari 10 indikator itu, ada 2 yang menjadi kendala saat ini cuci tangan dengan sabun dan tidak merokok didalam ruangan," tandasnya.


Tapi Dinkes akan selalu bekerja keras, agar penyempurnaan semua indikator akan terwujud. Dinkes akan mengajukan ke badan hukum
Pemerintah Kabupaten Pelalawan untuk membuat Peraturan Bupati (Perbup) larangan merokok di dua tempat yakni fasilitas kesehatan dan fasilitas kesehatan.

"Saya optimis kalau programa ini sejalan, maka dari itu program pencangan kampanye PHBS yang dibuat Bupati akan berjalan dengan
baik dan sukses. Kalau memang Perbup tersebut sudah ada, maka masyarakat tidak bisa merokok sembarangan lagi," ungkapnay. (kor. htl)
 

Editorial: Rio Ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER