Kanal

Manusia Indonesia Harus Berkarakter, Berpengetahuan dan Memberi Manfaat

PELITARIAU, Meranti- Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H Said Hasyim bertindak sebagai pembina upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2016, dalam acara yang dipusatkan dihalaman Kantor Bupati tersebut sesuai pidato Menteri

Pendidikan Nasional RI, Said Hasyim mengatakan manusia Indonesia harus
memiliki karakter, berpengetahuan dan mampu memberikan manfaat pada orang lain bangsa dan negara, Senin (1/5).
 
Lebih jauh dikatakannya, hari Pendidikan nasional saat ini harus mampu menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia, karena hal itu menjadi penentu sukses Indonesia menjadi bangsa yang disegani di dunia, serta mampu bersaing salam kompetisi global saat ini.
 
Manusia yang terdidik dan tercerah adalah kunci kemajuan bangsa untuk itu setiap manusia Indonesia harus mendapatkan akses pendidikan yang bermutu. Sejalan dengan program Presiden Jokowi, Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti terus membenahi kwalitas pendidikan didaerah, mulai dari memberi porsi anggaran pendidikan yang cukup besar hingga meningkatkan kompetensi guru.
 
Seperti diketahui Pemda Meranti hingga saat ini terus membina dan menyekolahkan anak-anak berprestasi hingga kejenjang perguruan tinggi, tak tanggung-tanggung, kerja sama dibina dengan berbagai Universitas ternama di Indonsia sebut saja Universitas Gadjah Mada, Iniversitas Pertanian Bogor, STAI, UNRI dan lainnya. 
 
Selain itu meningkatkan kompetensi guru melalui berbagai pelatihan dan terus memperbaiki infrastruktur pendidikan dari kota hingga kesekolah yang ada di pelosok desa, namun ditahun 2016 ini, pembangunan infrastruktur pendidikan sedikit terkendala karena keterbatasan anggaran Pemda akibat dari pemotongan DBH Migas oleh Pemerintah Pusat, namun begitu anggaran pendidikan tetap menjadi prioritas.
 
Ditengah era kemajuan teknologi saat ini, berpengaruh terhadap cara bekerja, pola hidup dan belajar yang terpenting dikatakan Said Hasyim, para pendidik harus mampu memastikan apa yang dipelajari saat ini sesuai kebutuhan untuk menjawab semua tantangan zaman.
 
Sehingga manusia Indonesia tumbuh menjadi manusia berkarakter yakni memiliki moral dengan artian memahami pancasila, memiliki keimanan, ketaqwaan, Integritas dan jujur. Kedua karakter kinerja dengan bekerja ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih dan mampu beradaptasi.
 
"Kedua karakter ini harus seimbang agar anak Indonesia khususnya di
Kabupaten Meranti memiliki sifat yang jujur, rajin dan mampu menghadapi
perubahan lingkungan dengan cepat," ujar Said Hasyim.
 
Di abad 21 ini, anak-anak harus meraih pendidikan dan ilmu yang lebih tinggi, literasi sain, teknologi, finansial dan bidaya harus menjadi perhatian. 
 
"Yang menjadi tugas kita bersama meberikan ruang bagi anak Indonesia untuk memajukan dirinya, memajukan masyarakat serta budaya bangsa. Hal ini merupakan kunci kemajuan bangsa," papar Said.
 
Akhir kata Said Hasyim menekankan, pendidikan harus benar-benar berperan sebagai pelita hidup bagi anak dalam melihat berbagai peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter dan memberikan kejernihan dalam menaga dan menyiapkan masa depannya.***Rilis

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER