Kanal

Inhu Dapat Bantuan Bangunan Lima Unit Sekolah dari Kementrian Pendidikan

PELITARIAU, Rengat- Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), berhasil menyerap dana APBN untuk membangun sekolah baru di beberapa Kecamatan yang belum memiliki sekolah menengah. Pada tahun anggaran 2016, ini Kabupaten Inhu mendapat bantuan pembangunan lima Unit Sekolah Baru (USB) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Inhu, Ardi ST saat dikonfirmasi Pelitariau.com Senin (4/4/2016) mengatakan, lima USB yang akan dibangun terdiri dari tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan dua Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Tiga SMA akan dibangun di Desa Teluk Sungkai Kecamatan Kuala Cenaku, Desa Kelesa Kecamatan Seberida dan Desa Pauh Ranap Kecamatan Peranap, sedangkan dua SMP akan dibangun di Desa Alim dan Desa Sungai Santan Kecamatan Batang Cenaku.

Kata Ardi, rencana pembangunan lima USB itu telah dilakukan MoU antara Pemerintah Kabupaten Inhu dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Selain itu, juga dilakukan pelatihan kepada kepala sekolah dan panitia penyelenggara pembangunan tentang tata cara pengelolaan USB yang dibangun melalui sistem swakelola.

"Karena sistem swakelola, maka kepala sekolah dan panitia penyelenggara pembangunan memberikan pernyataan dalam fakta integritas tentang kesiapan dan kejujuran dalam mengelola dana USB tersebut," ujarnya.

Menurutnya, pembangunan lima USB ini akan dimulai pada bulan Juni 2016, mendatang. Untuk itu dia berharap agar panitia pembangunan dapat bekerja lebih maksimal terutama menyiapkan lahan yang akan menjadi tempat pembangunan USB.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Inhu, Mursidi menyebutkan, pihaknya tengah menyiapkan lahan di beberapa Kecamatan yang belum memiliki sekolah menengah untuk mendapatkan lagi bantuan USB dari Pemerintah Pusat.

"Ada tiga USB lagi yang kita butuhkan dari pemerintah pusat, rencana pengajuannya USB SMA di Kecamatan Batang Peranap, SMK di Kecamatan Rakit Kulim dan SMK di Kecamatan Lubukbatu Jaya, persiapan lahan sudah selesai, semua hibah masyarakat," sebutnya. **(surya)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER