Kanal

Soal UN Inhu Didistribusikan Hari Minggu Mendatang, Listrik Jadi Kendala

PELITARIAU, Rengat-  Sedikitnya 97 kotak soal Ujian Nasional (UN) didistribusikan ke seluruh sekolah yang ada di Inhu, pada hari Minggu (3/4) mendatang. Soal UN tersebut telah tiba di Dinas Pendidikan (Disdik) Inhu Selasa (29/3) dan selanjutnya disimpan di Aula Disdik Inhu.

Sementara untuk tiga sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) akan menerima soal secara online. Kendalanya kondisi kelistrikan di Inhu yang tidak stabil dikhawatirkan mengganggu pelaksanaan UNBK di Inhu.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Inhu sekaligus Ketua Panitia UN, Mursidi kepada Pelitariau.com Jumat (1/4) mengatakan bahwa kendala ini sudah mereka komunikasikan dengan pihak PLN di tiga wilayah yang terdapat lokasi pelaksanaan UNBK di Inhu. Untuk diketahui tiga sekolah di Inhu yang melaksanakan UNBK, antara lain, SMA 1 Peranap, SMK 1 Pasir Penyu, dan SMK 1 Rengat.

"Kita meminta kepada pihak PLN di tiga kecamatan itu jangan sampai ada pemadaman selama pelaksanaan UNBK," ujar Mursidi.

Mursidi berkata bila nantinya pemadaman tidak dapat terhindarkan oleh karena ada gangguan, maka diharapkan sekolah mempersiapkan genset. Mursidi berkata bahwa anggaran penyediaan genset itu disiapkan oleh sekolah.

Sebagai pengalaman pertama pelaksanaan UNBK di Inhu, Disdik mengirimkan surat kepada pihak PLN untuk mengatasi persoalan ini dan berkoordinasi dengan tiga sekolah itu. Bahkan Mursidi menyebutkan bahwa mereka telah mempersiapkan try out sebanyak dua kali dan satu kali gladi resik.

Sementara berdasarkan data yang disebutkan Mursidi, jumlah peserta UN tahun 2016 ini sebanyak 4937 peserta, pembagiannya 2068 peserta dari 18 SMA, 614 peserta dari 13 MA, dan 1715 peserta dari 13 SMK. Dari total peserta yang ada hanya 869 peserta dari tiga sekolah yang akan mengikuti UNBK di Inhu.

Mursidi berkata untuk sekolah yang tidak melaksanakan UNBK, distribusi soal akan dilakukan mulai Minggu (3/4) mendatang. Terkait keamanan naskah soal ujian, Disdik Inhu bekerjasama dengan pihak kepolisian dan Satpol PP.

Ditempat yang berbeda, Manajer PLN Area Rengat, Kemas Abdul Gaffur berkata bahwa pihaknya berusaha agar selama pelaksanaan UNBK tidak ada gangguan. "Kita sudah merapikan jaringan kabel kita dengan memangkas pohon yang tumbuh di bawah jaringan yang nantinya bisa menimbulkan gangguan," ujar Kemas.

Selain memastikan jaringan kabel aman dari gangguan, Kemas menjelaskan bahwa pihaknya siap membantu dengan meminjamkan genset apabila terjadi gangguan yang tidak terprediksi.

"Sesuai dengan arahan dari pusat juga, kita akan membantu mengirimkan genset bila itu nanti diperlukan," ujar Kemas.

Oleh karena itu Kemas berkata pihaknya akan mendata sekolah mana saja yang akan melaksanakan UNBK.**(surya)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER