Kanal

Akhirnya, 7 Fraksi Beri Pandangan Positif 5 Ranperda Inisiatif Pemda

PELITARIAU, Selatpanjang- Setelah Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H Irwan Nasir MSi menyampaikan 5 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kepada DPRD Kabupaten Meranti. Dan dievaluasi oleh 7 Fraksi yang ada, maka disimpulkan seluruh Fraksi memberikan tanggapan positif terhadap Ranperda tersebut. 

 
Hal itu terungkap dalam Rapat Paripurna Dewan dengan agenda Pandangan Umum Fraksi yang dipimpin oleh Taufiqurahman didampingi Wakil Ketua DPRD Muzamil dan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Kepulauan Meranti H Iqaruddin.
 
Kelima Ranperda tersebut seperti disampaikan Bupati Irwan dalam rapat
Paripurna lalu yakni :
1. Perubahan atas Pembentukan Susunan Kedudukan Tatakerja Organisasi Sekretariat Daerah yang berubah atas kebijakan Desentralisasi dari Pemerintah Pusat ke Daerah dimana beberapa kewenangan daerah dalam pengelolaan organisasi dilimpahkan keada Pemerintah Provinsi
diantarannya:
  - bidang Kehutanan, 
  - Pertambangan, 
  - Pendidikan, 
  - Kelautan dan lainnya. 
 
2. Perubahan atas Pembentukan Susunan dan Tugas Pokok Badan Inspektorat dan Lembaga Teknis, 
 
3. Pembentukan Susunan Kedudukan dan Tatakerja Tugas Pokok Dinas, 
 
4. Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa Serentak dan terakhir
 
5. Bantuan Operasional Penunjang Tugas RT dan RW.
 
Menyikapi Ranperda yakni perubahan SOTK yang disampaikan oleh juru bicara tiap fraksi menilai perlu dilakukan, dengan memperhatikan aspek anggaran dan profesional aparatur dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selain itu dengan perubahan SOTK Fraksi Golkar menambahkan agar Pemda tidak melakukan pemberhentian tenaga Honorer yang selama ini bekerja.
 
Ranperda Pemilihan dan Pemberhentian Kepala Desa Serentak sebagai salah satu sistem pemerintahan yang sangat diakui eksistensinya perlu dilakukan namun dewan memberi catatan harus disesuaikan denhan sarana dan prasarana serta kemampuan anggaran agar terlaksana profesional, transparan dan berkeadilan.
 
Sedangkan Ranperda terakhir Bantuan Operasional RT/RW dewan menilai sangat penting karena tugas RT dan RW dalam menyelesaikan semua masalah sosial yang terjadi dalam lingkup pemerintahan terkecil yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta membantu tugas Lurah dan Camat sangat berat untuk itu perlu didukung dalam rangka menunjang tugas dan operasional para RT dan RW namun begitu tetap memperhatikan kemampuan anggaran daerah dengan artian tidak sebatas angin segar.
 
Adapun juru bicara (Jubir) tiap Fraksi yang menyampaikan pandangan umumnya adalah, M Tartib SH MSi dari Fraksi Gerindra Plus Bulan Bintang, Lindawati Fraksi Demokrat Plus Bulan Bintang, Edi Masyudi juru bicara Fraksi PPP Plus PKB, Hafizoh Fraksi Golkar, Yekti Handayani SP Fraksi PDI-P, Ikwan Amd dari Fraksi Hanura.
 
Sementara itu Bupati Meranti yang diwakili Sekdakab Kepulauan Meranti menyampaikan terkait catatan yang disampaikan semua Fraksi yang ada DPRD, Sekda mengharapkan disamping tugas Pemkab untuk menyempurnakan, juga meminta dukungan dari seluruh dewan yang ada.
 
Atas nama Pemkab Sekda menyampaikan Inisiatif DPRD menyambut baik Ranperda Pendidikan Khusus Buta Aksara Al-Quran, Ranperda ini sangat strategis dalam menanamkan nilai-nilai agama khususnya generasi muda. Dengan begitu kelima Ranperda Inisiatif Pemda dan satu Ranperda Inisiatif DPRD Akan dilakukan pembahasan untuk disahkan sebagai Peraturan Daerah.***

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER