Kanal

Listrik Mati Hidup, Ini Alasan PLN Selatpanjang Saat Didatangi Bupati Irwan

PELITARIAU, Selatpanjang- Terkait masalah pemadaman listrik bergilir yang sering terjadi di Kabupaten Kepulauan Meranti, turut menjadi perhatian serius dari Bupati Kepulauan Meranti H Irwan Nasir MSi. Perhatian itu diwujudkan dengan langsung melakukan peninjauan ke Pembangkit Listrik Nasional (PLN) Rayon Selatpanjang, yang berletak di jalan Yos Sudarso Selatpanjang

 

kedatangan Bupati ke lokasi mesin pembangkit yang menerangi Kota Selatpanjang Kabupaten Meranti tersebut dalam rangka mendengarkan langsung permasalahn defisit listrik dan untuk memastikan sebelum Ramadhan permasalahn listrik bisa dituntaskan segera.
 
Dalam peninjauanya Bupati disambut oleh Staf PLN Selatpanjang Tedi, yang memaparkan berbagai masalah listrik yang dihadapi PLN Selatpanjang sehingga menyebabkan pemadaman bergilir. Dari laporan Tedi kepada Bupati, diketahui kemampuan listrik PLN Selatpanjang berkisar 8.6 MW sementara kebutuhan listrik pada beban puncak mencapai 11 MW. 
 
"Jadi kita mengalami dfisit 2.3 MW," kata Bupati, pada Selasa (22/3).
 
Untuk mengantisipasi masalah tersebut dijelaskan Bupati, Pemkab akan berkoordinasi terus dengan pihak PLN Selatpanjang dalam rangka meningkatkan kemampuan daya layanan, dari informasi yang disampaikan pihak PLN saat ini tengah dilakukan instalasi beberapa unit mesin dengan kapasitas 2 MW.
 
Jika mesin ini telah terpasang dan beroperasi diyakini akan mampu menutupi defisit listrik yang terjadi saat ini. "Saat ini telah sampai beberapa unit mesin berkapasitas 2 MW lebih, kita berharap pembangkit ini dapat menutupi defisit listrik di Kabupaten Meranti," jelas Bupati.
 
Selain itu untuk mengatasi defisit listrik, pembangkit listrik milik Pemda yang telah mengalami Overhoul  berkpasitas total 700 KPA akan dilakukan perbaikan, saat ini perbaikan mesin tersebut tengah memasuki proses lelang, jika tidak ada halangan awal Juli nanti masalah listrik bisa diatasi.
 
Tak hanya sampai disitu, seperti dijelaskan Bupati Irwan, dalam rangka mengatasi masalah listrik kedepan pihaknya akan bekerjasama dengan investor untuk mengadakan daya listrik sebesar 30 MW berbahan bakar Gas. 
 
Dimana pihak swasta akan membangun pembangkit dan PLN akan membelinya untuk disalurkan dalam rangka mencukupi kebutuhan listrik masyarakat Meranti mulai dari Kota hingga keplosok Desa kedepan nantinya.***

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER