Kanal

Bupati Siak: Inshaa Allah MEA Justru Akan Menjadi Peluang Kita Untuk GoASEAN

PELITARIAU, Siak- Bank Riau Kepri (BRK) Cabang Kabupaten Siak pada hari senin 21 maret 2016 telah diresmikan. Disela acara tersebut, Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi berharap agar kedepan nanti BRK dapat lrbih maju dan berkembang dengan masyarakat dalam menghadapi Ketatnya persaingan yang muncul akibat kebijakan Masyarakat Ekonomi (MEA) Asean.

 

Kata Syamsuar hal sedemikian rupa harus dihadapi dengan sinergi, sistemik dan seluruh komponen kewirausahaan yang berada didaerah. 

 

Adanya Kebijakan MEA yang telah mulai diberlakukan, disatu sisi kerap kali menjadi batu sandungan pelaku usaha didaerah yang tidak memiliki daya saing mumpuni.

 

Namun sejatinya, MEA justru menjadi peluang untuk Go Asean apabila seluruh komponen daerah mampu membentuk ekosistem kewirausahaan tersinergi.

 

“Inshaa Allah MEA justru akan menjadi peluang kita untuk go ASEAN," ungkap Syamsuar saat meresmikan gedung baru BRK.

 

Sinergi sistemik yang di maksudkan Syamsuar adalah pengembangan sektor kewirausahaan didaerah, yang harus melibatkan secara menyeluruh stakeholder dan ekosistem kewirausahaan. 

 

Diantaranya pelaku usaha, pengambil kebijakan, akademisi, pendamping, serta organisasi yang terkait dengan kegiatan kewirausahaan termasuk perbankan didaerah

 

Dalam peresmian gedung baru BRK, tampak hadir sejumlah Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan Riau (KKOJKR) M Nurdin Subandi, bersama Direktur utama BRK Irvandi Gustari, kemudiann Pimpinan Cabang BRK Siak Sri Indrapura Tengku Toyeb.

 

Bagi Bupati Siak, isu MEA belakangan memang sudah menjadi kerisauan tersendiri. Beberapa bulan ini makin rajin menggalang kesadaran komponen daerah untuk bersatu menyatukan persepsi dan potensi untuk perbaikan daya saing. Selain pelaku usaha, sektor perbankan kali ini menjadi concern.

 

“Peran serta BRK sebagai aset daerah sangat diharapkan sebagai stimulan bagi para enterpreneur lokal untuk menguatkan daya saing. Masyarakat kita perlu terus didorong, dengan kemudahan pinjaman permodalan,"tegas Syamsuar.

 

Jika keunggulan potensi produk dan jasa yang dihasilkan pengusaha lokal bisa bersaing di era MEA, Dirinya optimis bumiputera tidak akan menjadi penonton dinegeri sendiri, tapi justru jadi pemain.***dni


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER