Kanal

Tinjau Budidaya Ikan Selais, Tiem Mastina Akan Kunjungi Rohil

PELITARIAU,ROHIL- Kini penerapan budidaya ikan air tawar di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) kini telah mulai berkembang. Upaya yang dilakukan Dinas Perikanan dan Kelautan, membuat Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau Ir Tien Mastina MS,i berencana akan hadir ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Rohil, M Amin, saat dikonfirmasi wartawan Pelitariau.com, rabu (2/3) diruang kerjanya. Kata Amin, beberapa pekan lalu Diskanlut Rohil menghadiri acara Rakornis yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Riau, dalam pertemuan itu semua Kepala Dinas Kabupaten/Kota hadir.

 

Alhamdulillah dalam forum terhormat itu, Rohil mewakili Kepala Dinas Kabupaten/Kota Seriau itu menyampaikan perkembangan budidaya ikan air tawar, yakni ikan Selais. Kita ketahui, untuk mengembangkan budidaya ikan selais itu tidak mudah, harus ada tahapan-tahapan yang dilalui.

 

"Setelah apa yang dipaparkan Kadislut Rohil tersebut, akhirnya niat Kepala Dinas Perikanan Dan Kelautan Provinsi Riau Ir Tien Mastina MS,i akan mengunjungi (Rohil red Ujung Tangjung). Tidak ahanya Kadislut Riau bahkan, Kepala Dinas kabupaten/kota lain juga inggin mengunjungi Rohil, mereka ingin tau bagai mana proses budidaya ikan air tawar ini,"Jelasnya.

 

Kabupaten/kota seriau belum mampu untuk melakukan budidaya ikan selais tersebut. Soalnya, baru Rohil yang mampu melakukan itu. makanya, Kadis Perikan Riau bakalan akan datang kerohil, kalau tanggalnya kita belum tau pasti, yang jelas dalam forum Rakornis tersebut dia menyampaikan akan datang ke Rohil.

 

"Untuk melakukan budidaya ikan air tawar ini yakni ikan selais dan ikan Baung ini sangat sulit dibudidayakan. Kita ketaui minat masyarakat daerah darat ikan selais ini sangat laris, apa lagi dirumah-rumah makan daearah Pekanbaru mereka sangat minat walapun harga menyampai 80 ribu perkilo,"Papar Amin.

 

Ini trobosan dan hal baru, punya selais tidak bisa dibudidayakan. Alhamdulillah Rohil saat ini telah melakukan budidaya ikan selais. Tidak cuma ikan selais, bahkan ikan baung,ikan patin, ikan nila dan lain-lainya telah dilakukan budidaya. Untuk budidaya ikan selais, itu sangat susah, soalnya kita harus cermat untuk melihat yang mana jantan dan yang mana betina.

 

Untuk Budidaya ikan air tawar yang dikelola UPR binaan dari Dinas Perikanan Dan Kelautan Rohil kini telah berkembang pesat, seperti daerah Ujung tangjung, Sungai Rangau, Rantau Kopar, Lengadai dan Bala Jayai,"Ujarnya.***Jr


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER