Kanal

Sekda: SKPD Segera Lakukan Koordinasi dengan DPRD Terkait Pengurangan DBH Inhu Rp 254 M

PELITARIAU, Rengat-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), H Agus Rianto menegaskan kepada seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar melakukan koordinasi dengan DPRD Inhu, Terkait adanya pengurangan pendapatan daerah dari Dana Bagi Hasil (DBH) Migas sebesar Rp 254 miliar.

"Pengurangan DBH sebesar Rp 254 miliar diketahui dari laporan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Inhu. Sebagai dampak pengurangan ini akan terjadi penggeseran anggaran di seluruh SKPD," sebut H Agus Rianto  Senin (29/2).

Menurutnya, penggeseran anggaran ini semestinya diketahui dewan. Namun sebelumnya diharapkan kepada masing - masing SKPD terlebih dahulu menyampaikan progres sebelum Dokumen pelaksanaan Anggaran (DPA) disetujui.

"SKPD harus membuat laporan anggaran yang ditunda, kemudian dikonsultasikan ke DPRD. Ini harus segera dilakukan agar program pembangunan dapat segera dilaksanakan," ujarnya.

Masih menurut H Agus Rianto, pengurangan pendapatan daerah dari DBH yang terjadi saat ini diharapkan tidak mempengaruhi APBD Inhu yang telah disahkan sebesar lebih kurang 1.8 triliun.

"Bisa saja pada triwulan pertama ini pendapatan berkurang namun pada triwulan berikutnya pendapatan dari DBH bertambah. Itu sebabnya dikatakan bukan pengurangan APBD, namun penggeseran anggaran dan hal ini yang harus dikoordinasikan dengan dewan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Keuangan Setdakab Inhu Hendri Anof dikonfirmasi wartawan menyebutkan bahwa pihaknya saat ini telah memproses DPA dari masing - masing SKPD. "DPA dari masing - masing SKPD telah saya tandatangani, hanya saja ada Kecamatan yang belum manyampaikan DPA," paparnya.

Sementara itu anggota DPRD Inhu Suharto mengatakan bahwa pihaknya dari dewan belum menerima pemberitahuan resmi dari Pemkab Inhu. Terkait dengan adanya pengurangan DBH yang diperkirakan mencapai Rp 254 M.

"Kita berharap agar Pemkab Inhu segera menyampaikan ke dewan mengenai adanya pengurangan DBH yang sudah disyahkan dewan. Sehingga nantinya rasionalisasi anggaran dalam APBD Inhu tahun 2016 dapat di bahas kembali bersama,"harap Suharto** (surya).


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER