Kanal

H Irwan - H Said Hasyim Resmi Menjabat Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti 2016-2021

 

PELITARIAU, Pekanbaru- Moment yang dinanti-nantikan oleh masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti yakni pelantikan H. Irwan - H. Said Hasyim sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2016-20121 telah dilaksanakan, pelantikan langsung dilakukan oleh Plt. Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman atas nama Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo bertempat di Aula Serindit Gedung Daerah jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (17/2) waktu lalu.
 
Khusus Kabupaten Meranti pelantikan dihadiri langsung oleh Ketua DPRD
Meranti H. Fauzy Hasan beserta Wakil DPRD, Sekdakab. H. Iqaruddin, Kapolres Meranti AKBP. Pandra, Kajari Selatpanjang, Dandim 0303 Bengkalis, Ketua KPU, Ketua Partai Polotik, Ketua LAM, Tokoh Masyarakat/Adat/Ulama, Istri Bupati Hj. Nirwana Sari, Istri Wakil Bupati Hj. Syamsiar beserta keluarga.
 
Sebelum pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan Mendagri oleh Kabiro Tata Pemerintahan Hj. Rahima Erna, Keputusan Mendagri RI No. 131.14-630, 131.14-639, 131.14-645, 131.14-663 Tahun 2016 tentang Pengesahan dan Pemberhentian Penjabat (Pj) Walikota dan Bupati Provinsi Riau, khusus Meranti memberhentikan dengan hormat Pj. Bupati Meranti H. Edy Kusdarwanto, MM dan ucapan terima kasih dari Mendagri RI atas jasa-jasanya selama memangku jabatan tersebut.
 
Selanjutnya Pembacaan Keputusan Mendagri RI No. 131.14-631, 131.14-632, 131.14-640, 131.14-641, 131.14-646, 131.14-647, 131.14-664, 132.14-665 Tahun 2016 Tentang Pengesahan, Pengangkatan Walikota/Bupati, Wakil Walikota dan Wakil Bupati Masa Jabatan Tahun 2016-2021. Khusus Meranti mengangkat H. Irwan M.Si dan H. Said Hasyim sebagai Bupati dan Wakil Bupati masa Jabatan 2016-2021.
 
Selanjutnya prosesi pelantikan yang berlangsung hikmat dimulai dengan
pengucapan sumpah yang dibacakan oleh Plt. Gubernur Riau dan diikuti oleh
Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota terpilih, selanjutnya pemasangan tanda Jabatan dan Penandatanganan Pakta Integritas.
 
Usai pelantikan Bupati H. Irwan dan Wakil Bupati H. Said Hasyim mendapat
ucapan selamat dari Plt. Gubernur Riau yang dilanjutkan dengan salam-salaman bersama Forkopimda, Ketua DPRD dan anggota serta ratusasan tokoh masyarakat Meranti serta kerabat yang menghadiri prosesi pelantikan.
 
Kepada wartawan, H. Irwan yang diberi kepercayaan untuk kedua kalinya
berkomitmen membawa Meranti lebih baik lagi kedepan, diantaranya, dengan melakukan berbagai pembenahan infrastruktur khususnya meningkatkan elektrifikasi (Listrik) di Kabupaten termuda di Riau itu. "Pertama kita akan berupaya membereskan masalah kelistrikan, karena saat ini Meranti mengalami defisit energi listrik mengakibatkan pemadaman masif, selain itu
kita akan meneruskan program-program strategis yang sebelumnya telah kita rintis," ujar Irwan.
 
Selain infrastuktur, Bupati Irwan juga akan memfokuskan kebijakan dibidang
ekonomi dalam upaya mengantisipasi kemerosotan dibidang ekonomi Indonesia yang turut berdampak kepada Kabupaten Meranti. "Jika tidak segera diantisipasi akan menurunkan tingkat ekonomi masyarakat, pengangguran dan penduduk miskin, hal ini akan menjadi konsentrasi kita agar tidak berdampak buruk kepada masyarakat," tegasnya.
 
Sementara itu Plt. Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman berharap Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang baru saja dilantik untuk memegang amanat yang telah diberikan masyarakat dengan baik. Dengan memberikan pelayanan prima dan berkeadilan kepada masyarakat, selain itu melakukan pembenahan infrastruktur strategis seperti fasilitas air bersih, Listrik, Transportasi Umum, Pendidikan dan Kesehatan.
 
Selain itu khusus masalah pengelolaan pemerintahan harus mengacu oada azas Kepastian Hukum, bertindak untuk kepentingan masyarakat dan negara, mengedepankan azas keterbukaan, Akuntabilitas, dan Profesionalitas. Untuk keharmonisan jalannya roda pemerintahan Plt. Gubri juga mengingatkan kepada Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah unuk memahami UU No. 23 Tahun 2014. Tentang Tugas dan Wewenang Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Dan yang utama mengeluarkan kebijakan demi tercibtanya kondisi aman dan kondusif daerah, menjalankan Visi dan Misi yang telah dijanjikan saat pilkada lalu

 
"Sinergikan program Daerah dengan RPJMD Provinsi dan Nasional, tingkatkan Realisasi APBD Tahun 2016 yang berbasis Kerakyatan," ujar Plt. Gubri.
 
Maraknya paham radikalisme juga menjadi sorotan Plt. Gubri dan meminta Kepala Daerah untuk mengantisipasinya. "Jaga kondusifitas daerah dengan mengantisipasi paham radikalisme," paparnya.
 
Dan terakhir menjaga kelestarian hutan serta memaksimalkan potensi dan sumberdaya perikanan didaerah.
 
Sekedar informasi, usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati sore harinya
juga dilakukan Pelantikan Pengurus PKK Kabupaten Kepulauan Meranti dimana Hj. Nirwana Irwan kembali mendapat amanah sebagai Ketua PKK Kabupaten
Meranti.***

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER