Kanal

DISKES Kabupaten Siak Himbau Masyarakat Agar Lebih Waspada DBD

PELITARIAU, Siak- Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, memberikan Himbauan Kepada Masyarakat, mengingat perubahan cuaca dari musim panas yang mengarah ke musim hujan atau musim pancaroba. Agar lebih waspada terhadap ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk aedes Aegypti. Kamis 4 Februari 2016.

 

Kepala Seksi Pengendalian dan Peberantasan Penyakit Menular (KS3PM) Marzuki SKM MKL, Rabu (03/02/2016) menjelaskan, DBD adalah ancaman ketika musim hujan, karena itu perlu diwaspadai, apalagi beberapa Waktu lalu curah hujan hampir setiap hari membasahi Kabupaten Siak.

 

Hal-hal yang perlu di antisipasi oleh masyarakat, supaya terhindar dari ancaman DBD serta penyakit lain yang dapat menular, mejaga lingkungan pekarangan rumah tetap bersih, serta melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus.

 

“Langkah pertama yang perlu dilakukan menguras tempat yang bisa air, mengumpulkan barang-barang bekas, kemudian di buang atau dengan cara mendaur ulang. Jika dilakukan penguburan dapat merusak ekosistem pada tanah, tentunya ini sangat berbahaya,"kata Marzuki.

 

Lanjutnya, langkah selanjutnya yang paling penting dilakukan yakni, menaburkan bubuk larvasida pada penampungan, kemudian menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk dan kelambu ketika hendak tidur,”ujarnya.

 

“Tujuannya hal itu dilakukan agar masyarakat terhindar dari DBD dan Malaria, yang merupakan penyakit yang menjadi ancaman di musim hujan. Biasanya, DBD rentan menyerang anak-anak dan balita, hal itu harus cepat di cegah,”terangnya lagi.

 

Selain itu, pihak DISKES juga melakukan pengecekan terhadab rumah-rumah warga yang daerahnya tersebut terkena DBD. Melalui Puskesmas yang ada di setiap kecamatan di Kabupaten Siak.***dni

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER