Kanal

Kegiatan Pokmas 100% Terselesaikan Dengan Baik Pada 2015 Lalu

PELITARIAU, Siak- Sembilan peket kegiatan Kelompok masyarakat (Pokmas) Desa Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak. Hampir seratus persen terselesaikan dengan baik dari 8 Rukun Tetangga (RT) yang ada di desa, pada tahun 2015 silam. Dua di antaranya adalah semenisasi jalan dan Drainase yang tergolong sukses.

Hal itu di sampaikan Kepala Desa Suak Lanjut, H Murlis, melalui Abdul Kahar bagian Pembangunan yang didamping oleh Rohemi bagian Krani. Saat berbincang bersama Pelitariau.com Rabu 20 Januari 2016 di Kantor Desa saat melaksanakan tugasnya.

Menurut Abdul Kahar, kegiatan yang diajukan Pokmas pada tahun 2015 silam terselesaikan dengan baik. Mulai dari pembangunan semenisasi jalan gang dan drainase, yang ada di 8 RT Desa Suak Lanjut.

"Alhamdulillah semua terselesaikan dengan baik pada 2015, tapi itu kita laksanakan jiga secara bergilir, misalnya pada tahun 2014 satu RT tidak kita ikutkan, pada tahun selanjutnya baru ikut serta kembali. Namun yang sudah ikut, mereka menunggu kegiatan selanjutnya, tidak semua RT kita kerjakan kegiatan yang di ajukan Pokmas,"kata Abdul.

Tidak hanya semenisasi jalan saja yang terselesaikan dengan baik, namun, Drainese yang di ajukan Pokmas juga berjalan dengan lancar.

Kata Abdul Kahar, Drainase merupakan salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai sistem guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan merupakan komponen penting dalam perencanaan Desa kususnya perencanaan infrastruktur.

Atau drainase bisa merujuk pada parit di permukaan tanah atau gorong-gorong di bawah tanah dan juga penanggulangan limbah.

Drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Dari sudut pandang yang lain, drainase adalah salah satu unsur dari prasarana umum yang dibutuhkan masyarakat kota dalam rangka menuju kehidupan kota yang aman, nyaman, bersih, dan sehat.

Prasarana drainase disini berfungsi untuk mengalirkan air permukaan ke badan air sumber air permukaan dan bawah permkaan tanah dan atau bangunan resapan.

Selain itu juga berfungsi sebagai pengendali kebutuhan air permukaan dengan tindakan untuk memperbaiki daerah becek, genangan air dan banjir.

"Itulah yang sudah terpenuhi seperti yang di inginkan masyarakat kita di Deaa Suak Lanjut ini,"pungkas Abdul Kahar.***dni.


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER