Kanal

Dishut Inhu turunkan personil

PELITARIAU,Rengat-Kabut asap di Inhu pada selasa (16/9) makin tebal. Ditambah lagi di daerah ini terjadi kebakaran lahan pertanian milik warga yang sengaja dibakar pada musim kemarau untuk ditanam berbagai komoditi pertanian dan perkebunan.

                “Hasil pantauan kami dilapangan ada beberapa titik api di wilayah Kabupaten Inhu, seperti di Kecamatan Rengat dan Kuala Cenaku,”ujar Kadishut Inhu Ir.Suseno Adji MM melalui Kabid Penanggulangan Bencana, Syambodo MT.

                Hal itu diungkapkannya saat dihubungi terkait kabut asap yang semakin tebal di wilayah Inhu. Sejak Senin (15/9) kemarin ada ada ditemukan terjadi kebakaran lahan milik masyarakat, seperti di Desa Sungai Raya Kecamatan Rengat, Desa Talang Jerincing Kecamatan Rengat Barat. Bahkan berdasarkan data satelit di wilayah Kecamatan Batang Cenaku juga terjadi kebakaran lahan.

                Sejauh ini belum bisa diketahu penyebab kebarakan lahan tersebut. Tapi ada dugaan lahan ini sengaja dibakar pemilik lahan terkait dengan pembersihan lahan menjelang musim tanam. Seperti lahan yang akan ditanam perkebunan sawit.”Kemarau mengakibatkan lahan menjadi kering, sehingga sangat mudah terbakar,”ujarnya.

                Pihak Dishut Inhu menurunkan sejumlah  petugas dilapangan untuk melakukan pencegahan. Namun karena musim kering petugas sulit menemukan sumber air untuk pemadaman. Pihaknya tetap berupaya dalam melakukan pemadam kebakaran lahan dimaksud.

                 Syambodo mengimbau warga untuk sama-sama menjaga lingkungan dan tidak membakar lahan karena sulit dilakukan pemadaman. Jika ditemukan unsur kesengajaan dilakukan pembakaran lahan Penyidik Dishut akan menjerat pelaku ke jalur hukum.(cr. alfi)  

 

Editorial : Alfi Amd

                


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER