Kanal

Asyik.......DKI Gelar Festival Teraju Gawai

PELITARIAU, Rengat— Dewan Kesenian Daerah Indragiri (DKI).menggelar festival teraju gawai teater. Tercatat sebanyak 15 group ikut menampilkan kebolehannya di kesenian Indragiri Hulu Rengat jalan Ahmad Yani   sejak tanggak 13 september dan akan berakhir pada 16 September mendatang.

 

Berdasarkan keterangan Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Ketua Harian DKI H. Mailiswin, S.Sos  Event festifal teater teraju gawai 2014 diikuti 15 group berasal dari  4 kecamatan yaitu Kecamatan Lirik, Kecamatan Rengat, Kecamatan Rengat Barat, Kecamatan Kuala Cinaku. Menurutnya secara etimologi Teraju terdiri  bermakna sejenis tali yang digunakan sebagai pengikat titik keseimbangan bilah bambu yang telah diraut dalam proses pembuatan layang-layang, sedangkan gawai merupakan bentuk dasar dari kata Begawai, istilah kosa kata bahasa melayu yang bermakna kerja besar yang dilaksanakan dengan riang, gembira dan suka cita.

 

Lebih jauh Mailiswin menjelaskan  tahun ini DKI mengundang teater dari Yogyakarta sebagai dewan juri  dan komoditas anak-anak pencinta drama dari anak-anak Indragiri Hulu yang berada di Pekanbaru. Adapun tujuan dari festival teater ini adalah untuk menumbuhkan hal-hal positif yang ada pada generasi muda saat ini dan bisa tampil di event-event besar berskala Nasional.

 

Bupati Indragiri Hulu H. Yopi Arianto,S.E,  yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum H. Agus Rianto,S.H. membuka secara resmi event festival teater teraju gawai teater. Pembukaan  ditandai dengan pemukulan gong digedung kesenian Indragiri Hulu Rengat .Dalam sambutanya Agus Rianto,S.H mengatakan semoga para perseta festival dapat tampil dengan baik dan bisa tampil di jenjang yang lebih tinggi dengan memanfaatkan pengalaman dari berbagai tokoh dewan kesenian.

 

Acara diakhiri dengan penampilan teater, sulap dari Yogyakarta dan teater tunggal Jerinjing Rengat. (cr. rio)

 

Editorial: Rio Ahmad


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER