Kanal

Cara Beli Rumah yang Jadi Jaminan Bank

PELITARIAU - Suatu hari ada penjual rumah yang menawarkan rumahnya untuk dibeli pada Anda, namun di saat yang bersamaan rumah tersebut telah menjadi jaminan bank karena beberapa hal, sehingga penjual menjaminkan rumahnya pada bank dengan memberikan sertifikat rumahnya pada pihak bank.

Namun, Anda sangat menginginkan rumah tersebut karena nyatanya rumah tersebut sesuai dengan keinginan Anda selama ini. Ada tiga cara yang bisa dijadikan alternatif solusi, jika Anda tetap ingin membeli rumah yang sertifikatnya telah dijaminkan ke pihak bank tersebut.

Sebelum melakukan tiga cara ini, pastikan sudah ada perjanjian yang kuat antara pihak Anda dan penjual, sehingga bila terjadi konflik di kemudian hari dapat diselesaikan sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat.

Berikut ini tiga alternatif cara yang bisa dilakukan untuk membeli rumah yang menjadi jaminan bank.

1. Minta penjual lunasi utang

Mintalah penjual untuk melunasi utang-utangnya kepada pihak bank, sehingga sertifikat rumah yang dijaminkan ke bank dapat diambil kembali, sebelum transaksi jual-beli dengan Anda dilakukan. Jika menggunakan cara ini, berarti Anda harus bersabar dan menunggu sedikit lebih lama sampai penjual menyelesaikan semua utangnya.

2. Gunakan sistem oper

Alternatif selanjutnya bisa dengan cara oper kredit langsung ke bank yang berurusan dengan si penjual rumah. Anda melunasi sisa utang si penjual rumah pada bank. Dengan perjanjian sertifikat rumah menjadi milik Anda.

Jika melakukan cara ini harus disaksikan oleh wakil dari pihak bank, sehingga diketahui bahwa Anda melakukan oper kredit dari penjual kepada Anda.

3. Bayar langsung uang muka

Cara terakhir yang bisa dilakukan ialah membayar uang muka sesuai yang diminta oleh penjual kepada Anda, sehingga penjual bisa mengambil sertifikat rumahnya yang ditahan oleh bank. Agar tak tertipu, mintalah jaminan dari penjual yang bersifat dapat diekseskusi langsung apabila penjual melanggar janjinya secara tiba-tiba.

Sumber: rumahku.com


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER