Kanal

Masyarakat Diminta Waspada Terhadap Penyakit Disaat Musim Penghujan

PELITARIAU, Meranti- Selama musim hujan yang terjadi di Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya dengan curah hujan tinggi dan mengakibatkan banjir, masyarakat dihimbau untuk waspada terhadap penyakit yang biasa muncul.

Munculnya penyakit disaat cuaca seperti sekarang ini, dikarenakan drainase yang kurang baik, dan menyebabkan sampah yang menumpuk, dan menjadi air mudah menggenangi.

"Kepada instansi Pemerintah yang ada di desa yakni Lurah dan Kepala Desa kepada masyarakatnya, agar senantiasa membersihkan selokan supaya tidak lagi sampah yang menutupi, yang membuat air mudah tergenang," Jelas Kepala Dinas Kesehatan dr Irwan Suwandi, melalui Kasi Penanggulangan Penyakit Menular (P2M) Muhammad Fahri SKM, pada Senin (30/11) Siang.

"Jika kita tidak membersihkan hal tersebut, maka nyamuk yang ada akan mudah berkembang, dan penyakit malaria pun akan mudah menyebar," jelasnya.

Untuk drainase yang kurang baik yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti, Selatpanjang lah yang sangat memprihatinnkan, serta sangat rentan terhadap DBD. Mengapa demikian, karena di Selatpanjang ini banyak sampah yaang menumpuk disekitar selokan.

Selain itu pula, dia menyebutkan kalau kasus penyakit yang ada kebanyakan impor dari luar, yakni penyakit datang yang dibawak oleh orang pendatang, seperti malaria, DBD, serta vilariasis.

"Dari Dinas Kesehatan melalui UPT telah melakukan, PSN, abte sesi dengan scaara masal di daerah yang rentan terhadap penyakit ini," terangnya.***wr

Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER