Kanal

Rapat Koordinasi Antara Gubernur Dengan Bupati dan Walikota Se-Riau

PELITARIAU, Pekanbaru- Guna mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak disembilan Kabupaten Kota Se-Riau, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar rapat koordinasi antara Gubernur dengan Bupati dan Walikota Se-Provinsi Riau, termasuk Kabupaten Kepulauan Meranti, pada Selasa (10/11) bertempat di Hotel Arya Duta Pekanbaru.

Acara tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRD, Ketua KPU Se-Provinsi Riau, Ketua Panwaslu, Forkopimda, Kapolda Riau, Kajati Riau, Danrem 031/WB, Danlanud, Bupati serta Walikota Se-Provinsi Riau.

Plt Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman dalam kesempatan menegaskan agar dalam pilkada nantinya, aparatur daerah (terutama PNS, red) bisa netral, supaya dapat memastikan setiap tahapan pelaksanaan Pilkada sesuai mekanisme dan aturan.

Selanjutnya, agar penyelenggaraan berjalan profesional dan terjalin koordiansi yang baik dengan stag holder, Bupati dan jajaran memastikan peran dan fungsinya dalam melaksanakan Pilkada berjalan baik.

"Dukungan pihak keamanan itu sangat penting, agar pelaksanaan Pilkasa berjalan aman, damai dan kondusif dan terakhir meningkatnya partisipasi masyarakat," tegasnya.

Selain itu, dalam laporan Pihak Polda kepada Plt Gubri mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan Polres Se-Kabupaten Kota, jelang pencoblosan 9 Desember 2015 nantinya, sampai saat ini belum ada terjadi bentrok fisik, nol lakalantas.

"Koordinasi dengan pemerintah dan pihak terkait masih berjalan baik, walaupun dibeberapa daerah seperti di Kampar dan Rohul potensi kerawanan cukup tinggi namun masih terkendali," ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Riau yang mengajak partisipasi pihak-pihak terkait dalam mendongkrak partisipasi diantaranya adalah Pemilik Usaha, Elit Partai, Birokrat, Non Elit Partai, TNI dan Polri.

Sekedar informasi tingkat partisipasi pemilih di Riau, yang diukur saat pelaksaan Pilpres lalu mencapai 62 persen, dari Informasi KPU Riau angka ini dibawah rata-rata Nasional yakni 77 Persen.***wr


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER